alexametrics

Begini Kronologi Penumpang Positif Covid-19 yang Lolos Terbang dari Semarang ke Pangkalan Bun

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Salah seorang penumpang pesawat jalur penerbangan Semarang-Pangkalan Bun diketahui terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan uji rapid test polymerase chain reaction (RT-PCR). Anehnya, penumpang berstatus mahasiswa itu bisa lolos pemeriksaan di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, dan melenggang aman hingga mendarat di Bandara Iskandar Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Rabu (5/5/2021).

Seperti dilaporkan Radar Sampit, pemuda berinisial MYA, 21, itu datang dari Semarang menggunakan maskapai Citilink. Sedangkan di Kotawaringin Barat, ia merupakan warga salah satu kompleks perumahan di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Arut Selatan. Di Kota Semarang, MYA kuliah di salah satu perguruan tinggi negeri.

Informasi yang dihimpun, MYA terjaring saat tiba di Bandar Udara Iskandar. Saat itu, petugas Pengendalian Kekarantinaan dan Surveilaance Epidemiologi (PKSE) Bandar Udara Iskandar memeriksa surat hasil swab PCR. Dalam surat yang dikeluarkan sebuah laboratorium di Kota Semarang tertulis positif SARS CoV-2.  Surat keterangan swab PCR itu diinterpretasikan positif SARS Cov-2 (positif lemah). Kemudian oleh petugas kesehatan bandara yang bersangkutan segera diamankan, dan diserahkan ke Tim Gugus Tugas Covid-19 Pangkalan Bun.

Baca juga:  Kota Samin yang Memikat

Saat dikonfirmasi Kepala Unit Penyelenggara Bandara Udara (UPBU) Iskandar Pangkalan Bun Zuber membenarkan peristiwa tersebut. Menurutnya, penumpang dari Bandara Ahmad Yani Semarang tersebut menggunakan pesawat Citilink dengan nomor penerbangan QG 1470, dan tiba di Bandar Udara Iskandar pukul 08.57 WIB. Saat itu, pesawat membawa 26 penumpang.

“Benar, penumpang dari Semarang pesawat Citilink dengan nomor penerbangan QG 1470 menggunakan dokumen PCR Positif telah diamankan Tim Gugus Tugas Covid-19 Pangkalan Bun,” ujar Zuber kepada Radar Sampit, Rabu (5/5/2021).

Ia menerangkan bahwa penumpang itu diketahui saat pemeriksaan di Pos Penyekatan KKP dan BPBD Kotawaringin Barat.

Saat ditanyakan bagaimana lolosnya salah satu penumpang yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu, Zuber mengaku belum bisa menjawab lebih lanjut karena ranah itu ada di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). “Kami akan tindaklanjuti dengan KKP Pangkalan Bun agar secepatnya disampaikan ke KKP Semarang,” tegasnya.

Baca juga:  Gebyuran Bustaman Berlangsung Terbatas, Hanya Perwakilan Saja

Terpisah, Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Heri Trisno Wibowo mengaku, dirinya baru mendapatkan informasi terkait kabar lolosnya satu penumpang yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan berhasil mendarat di Bandara Iskandar Pangkalan Bun. “Kita baru dapat informasinya, saat ini kita sedang melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait. Kita akan mengumpulkan informasi kejadian lengkapnya, sehingga didapatkan informasi yang lengkap dan valid atas kejadian tersebut agar tidak simpang siur,” katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon tadi malam.

Disinggung terkait dugaan kesalahan petugas, Heri belum bisa berbicara banyak. Yang jelas masing-masing petugas memiliki tugas sendiri-sendiri. Petugas juga berasal dari stakeholder, salah satunya maskapai. “Kita gali dulu, miss-nya di mana? Kita akan kumpulkan dulu, sehingga bisa tahu titik terangnya,” ujarnya. Sementara itu, dari  pihak maskapai Citilink hingga tadi malam belum bisa dihubungi. (tyo/sla/den/aro)

Baca juga:  Ajari Pelaku Usaha Cara Pengemasan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya