alexametrics

Perempuan Masa Kini Harus Cerdas, Kritis dan Mandiri

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Peringatan Hari Kartini 21 April di Ruang Lokakrida Balai Kota Semarang merupakan momentum yang tepat untuk merefleksi kiprah perempuan di masa kini. Talkshow yang bertemakan Meneladani Karakter Kartini dalam Mewujudkan Ketahanan Keluarga mengajak perempuan untuk cerdas, kritis dan mandiri.

Dekan Psikologi USM Dr Rini Sugiarti selaku pemateri mengakui masalah yang dihadapi perempuan saat ini lebih kompleks. Oleh karena itu, perempuan harus cerdas dan kritis. Bukan dalam artian cerdas secara akademik dan memiliki nilai rapor yang sempurna. Namun cerdas membaca situasi, dan kritis terhadap masalah kehidupan.

“Dulu Kartini sudah pernah menyampaikan, pentingnya pendidikan untuk perempuan tidak untuk menjadi saingan laki-laki. Tapi untuk meningkatkan kapasitasnya sebagai manusia,” tutur Hevearita Gunaryanti Rahayu, Wakil Wali Kota Semarang saat membuka acara Rabu (21/4/2021) kemarin.

Baca juga:  Hendi Pesilahkan Pedagang Tempuh Jalur Hukum

Menurut Ita-sapaan akrabnya-bila kualitas perempuan baik, maka keluarga akan ikut membaik. Karena perempuan memiliki andil besar dalam ketahanan keluarga. Khususnya pada masa pandemi Covid-19 yang menjadi bencana bagi banyak keluarga.

Ketua TP PKK Kota Semarang Krisseptiana Hendrar Prihadi yang ikut mengisi talkshow mengatakan hal senada. Pada acara yang dihadiri kurang lebih 150 tamu undangan tersebut ia mengajak ibu-ibu untuk bersama menjaga ketahanan keluarga. Tim penggerak PKK kecamatan dan kota, perwakilan dasawisma, dan tamu lainnya menghadiri acara dengan mengenakan kebaya.

“Mendidik anak itu bukan tanggung jawab ibu saja. Tapi bapaknya juga. Untuk menasehati anak zaman sekarang pun nggak bisa langsung dilarang, harus dijelaskan sebabnya. Anak-anak sekarang lebih kritis,” jelas Krisseptiana. (cr1/ida)

Baca juga:  PHK Sepihak, Ratusan Buruh dari Lima Perusahaan Wadul Disnaker

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya