alexametrics

Warga Harus Pecahkan Kaca Jendela untuk Selamatkan Bocah yang Terjebak Kebakaran

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Sebuah rumah di kawasan padat penduduk di Kelurahan Pedurungan Lor, Kecamatan Pedurungan terbakar, Senin (29/3/2021) sekitar pukul 10.00. Seorang anak berusia delapan tahun sempat terjebak di dalam kamar. Beruntung, korban berhasil diselamatkan.

Rumah yang terbakar berlokasi di Jalan Arya Mukti Barat V Kelurahan Pedurungan Lor. Dihuni oleh keluarga Jatmiko, 36, warga asal Dusun Duwet, Desa Ngental, Kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

“Kemungkinan korsleting. Rice cooker meledak saat ditancapkan di colokan,” kata Jatmiko di lokasi kejadian  kepada Jawa Pos Radar Semarang, Senin (29/3/2021) kemarin.

Suara ledakan didengar tetangga korban bernama Gunawan. Selang tidak berapa lama, salah seorang laki-laki yang kebetulan melintas jalan tersebut tanpa sengaja melihat kepulan asap di rumah korban. Selanjutnya, disampaikan kepada warga sekitar. “Kata tetangga juga ada yang mendengar suara ledakan seperti bunyi mercon. Terus terbakar,” ujarnya.

Baca juga:  Eksekusi Penjara Tak Kunjung Dilakukan

Jatmiko membeberkan, rice cooker tersebut awalnya dipergunakan masak nasi, sekitar pukul 07.00. Setelah itu, Jatmiko dan istrinya berangkat kerja, sebelum pukul 08.00. Selang beberapa jam kemudian terdengar suara ledakan hingga timbul kebakaran. “Kemudian istri saya ditelepon tetangga, dikabari kalau rumah terbakar. Saya juga pas di tempat kerja,” katanya.

Seketika itu, istri Jatmiko teringat anaknya laki-laki berusia delapan tahun yang masih di dalam rumah. Selajutnya langsung menyampaikan kepada tetangga untuk mengeluarkan anaknya tersebut. “Alhamdulillah berhasil diselamatkan tetangga sebelah, mecah kaca jendela depan, kemudian dibawa keluar,” bebernya.

Setelah anak tersebut berhasil dikeluarkan, kemudian warga berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya. Pihak petugas pemadam kebakaran dengan mengerahkan empat unit mobil damkar juga turun ke lokasi setelah mendapat laporan.

Baca juga:  Bank Jateng Gandeng KPK Atasi Kredit Macet

“Untung api tidak merambat keluar. Ya, sekitar 30 menitan, api berhasil dipadamkan. Yang terbakar hanya ruangan utama saja, sama peralatan elektronik,” katanya.

Kapolsek Pedurungan Kompol Asfauri mengatakan, tidak adanya korban jiwa dalam kejadian tersebut. Hanya kerugian material, yang ditafsir hanya jutaan rupiah. “Dugaan sementara, penyebab kebakaran diduga karena arus pendek listrik yang mengakibatkan magic com meledak,” ujarnya. (mha/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya