alexametrics

Seniman Boleh Pentas Langsung, Asal Patuhi Prokes

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Komisi E DPRD Jawa Tengah mendukung mulai diberlakukannya pentas seni offline bagi para seniman Jateng. Selama tetap menggunakan protokol kesehatan.

Anggota Komisi E DPRD Jawa Tengah Muh Zen Adv menuturkan, banyak seniman yang mulai lelah dengan kondisi pandemi. Mereka tidak bisa mengekspresikan diri. Karena ruang yang terbatas demi mencegah persebaran Covid-19. “Banyak yang meminta agar ruang berkreasi bisa dibuka kembali,”ujarnya.

Ia pun mengaku tidak keberatan dengan usulan tersebut. Apalagi kondisi pandemi juga mulai menunjukan indikasi membaik. Di mana angka kasus aktif Covid di Jateng lebih rendah dari angka kesembuhan.

Hanya saja legislator PKB ini meminta seniman dapat membuat skema. Bagaimana caranya agar pementasan tetap menerapkan prokes. Dan dapat menjamin tidak ada kerumunan untuk mencegah persebaran Covid-19. “Tidak masalah pementasan kembali digelar langsung. Tapi ada penyesuaian. Misal kapasitas penonton dikurangi. Disediakan juga alat prokesnya,” ujarnya.

Baca juga:  Warga Isoman Terima Daging Kurban

Pihaknya pun mengaku siap membantu seniman untuk pengadaan alat protokol kesehatan. Seperti masker, tempat cuci tangan dan sebagainya. Sehingga para seniman bisa kembali berekspresi dan mecari rezeki.

Penasehat Wayang Orang Ngesti Pandowo Bambang Sadono menjelaskan, para seniman sudah sangat merindukan adanya ruang. Untuk bisa berekspresi dan menyalurkan jiwa seninya yang selama pandemi terbatasi.

Dan dengan adanya kesempatan untuk kembali menggelar pentas secara langsung pihaknya menyambut baik. Dan siap memenuhi persyaratan untuk menjalankan prokes dalam penyelenggaraan pentas tersebut. “Lagipula seniman sudah terbiasa dengan menghindari kerumunan. Sebab sebelum pandemi saja penonton 40 hingga 50 orang sudah bagus. Jumlah segitu tidak terjadi kerumunan,” ujarnya. (akm/ton)

Baca juga:  Gas Elpiji Non Subsidi Naik, Warga Enggan Beli

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya