alexametrics

Bakal Kembangkan Lima Pelabuhan di Jateng

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (ABUPI) Koordinator Wilayah (Korwil) Jateng menyambut baik rencana Menteri Perhubungan (Menhub) membangun 1.301 pelabuhan. Di Jateng akan bersinergi dengan Pemprov Jateng melakukan pengembangan lima pelabuhan, di Semarang, Kendal, Rembang, Brebes, dan Blora.

“Pelabuhan ini akan menjadi penggerak perekonomian dan titik simpul jaringan tranportasi laut, sekaligus pintu gerbang perdagangan regional dan internasional,” kata Koordinator Wilayah (Korwil) ABUPI Jateng, Mindo H Sitorus dalam webinar nasional dengan tema Peran Pelabuhan sebagai Katalisator Pemulihan Perekonomian Setelah Covid-19.

Ia menambahkan, anggota ABUPI sudah siap bekerja sama dengan pemerintah daerah. Bersinergi dengan Pemprov Jateng dalam pengembangan lima pelabuhan terbaik. Pengembangan pelabuhan ini menggunakan skema konsorsium antara pemprov/pemkab/pemkot, BUMN, BUMD, dan swasta. “Diharapkan dari sisi permodalan dan perizinan, pengembangan pelabuhan kian cepat. Dan pemulihan serta kebangkitan ekonomi pun tercapai secara cepat,” tegasnya.

Baca juga:  Kesulitan Pasokan Material, Proyek Tol Semarang-Demak Terancam Berhenti

Keberadaan pelabuhan sangat penting dan strategis untuk mendorong investasi swasta yang friendly, mendorong persaingan pemberdayaan melalui peran penyelenggaraan pelabuhan secara profesional serta mewujudkan sistem operasi pelabuhan yang aman, nyaman, dan terjamin keberlangsungan bisnis.

Ini juga sebagai upaya pemulihan perekonomian. Namun harus melalui proses yang panjang. Butuh sinergitas di antara pemangku kepentingan, kepelabuhanan, pelayaran, logistik, dan political will dari pemerintah untuk memastikan transaksi perdagangan berjalan lancar. “Rencana membangun lima pelabuhan harus segera direalisasikan agar roda perekonomian segera pulih dan bisa menjadi jalur transportasi nasional dan internasional,” tambahnya.

Salah satu konsesi yang sedang berproses adalah Pelabuhan Rembang Terminal Sluke. Sejak 2007, Bangun Arta Group melalui PT Pelabuhan Rembang Kencana telah mengembangkan pelabuhan ini. Kini bakal berkolaborasi dengan Pemda dan BUMD setempat. Pelabuhan Rembang Terminal Sluke sedang menuju konsesi. “Konsep kolaborasi itu bisa diterapkan di Pelabuhan Kendal dan pelabuhan lainnya,” tambahnya. (fth/ida)

Baca juga:  Minta Kota Lama Bebas Kendaraan Bermotor

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya