alexametrics

Hanya Punya Lima Perahu Karet, Fasilitas BPBD Kota Semarang ‘Minimalis’

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SemarangBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang minim fasilitas dan sarpras. Mulai perahu karet hingga truk tanki. Kondisi tersebut membuat penanganan warga terdampak bencana kurang optimal. Termasuk dalam mengantar bantuan logistik.

“Kami hanya punya lima perahu karet. Ini digunakan bergantian untuk menolong banjir Semarang kemarin. Kalau SDM kami sudah cukup, namun dari peralatan sangat kurang,” keluh Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi BPBD Kota Semarang, Abel Monteiro.

Pihaknya sudah meminta bantuan pengadaan penambahan perahu karet untuk membantu korban banjir. Namun belum mendapat jawaban yang memuaskan. “Untuk perahu karet juga kami sudah minta ke pusat tapi dari pusat juga responsnya kami disuruh sabar dulu,” tambahnya.

Baca juga:  Peduli Masyarakat, TNI Bagikan Bantuan Sosial

Sementara untuk armada truk, BPBD hanya memiliki dua truk yang digunakan untuk mengangkut logistik. Bahkan BPBD belum memiliki truk tanki sendiri. Selama ini untuk membantu keperluan air bersih korban bencana masih menggunakan milik PDAM.

“Saat ini baru terungkap kekurangan kebutuhan fasilitas yang ada di BPBD, satu perahu karet satunya adalah truk tangki. Selama ini masih njagake truk tanki milik PDAM,” kata Sekretaris Komisi D DPRD Kota Semarang, Anang Budi Utomo.

Ia menjelaskan Komisi D sudah menganggarkan air bersih, namun ternyata BPBD belum memiliki truk tanki sendiri, selain kebutuhan perahu karet. Pihaknya mendorong agar BPBD bisa menganggarkan kekurangan tersebut melalui APBD ataupun bantuan dari pemerintah pusat.

Baca juga:  Akhir Juli, Penjualan ADV Capai 351 Unit

“Karena ini sangat penting, BPBD juga harus masuk ke wilayah yang terisolir. Termasuk kebutuhan perahu karet, di mana warga yang membutuhkan untuk meminta droping bantuan logistik dan air bersih,” tandasnya.

Seperti diketahui, sejumlah wilayah di Kota Semarang sampai Rabu (10/2) kemarin masih digenangi banjir. Seperti di Kelurahan Genuksari, Trimulyo, Terboyo Wetan dan lainnya. (den/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya