alexametrics

Wartawan Kedepankan Hati Nurani dan Kejujuran

Peringatan HPN 2021 Radar Semarang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Hari Pers Nasional (HPN) 2021 diperingati secara sederhana oleh manajemen dan karyawan Jawa Pos Radar Semarang, Selasa (9/2/2021) sore. Suasana akrab dan kekeluargaan terlihat dalam acara tasyakuran dan doa bersama HPN ke-75 yang digelar di ruang redaksi lantai 3. Refleksi dan spirit kebangkitan pers menjadi semangat yang harus dipegang teguh. Kejujuran dan hati nurani menjadi hal penting yang wajib dimiliki setiap wartawan.

Peringatan kali ini juga diikuti seluruh wartawan dan karyawan di daerah melalui Zoom Meeting. Pun dengan Direktur Jawa Pos Radar Semarang Baehaqi juga mengikuti secara virtual. Dari jajaran manajemen hadir General Manager Iskandar, Manajer Iklan Sugiyanto Wiyono, Manajer Keuangan Indah Fajarwati, Manajer Pemasaran Yuni Ekowati dan Manajer Online Agus Purwahyudi.

Baca juga:  Kebakaran Relokasi Pasar Johar Semarang, Api Berasal dari Blok F

Kegiatan tersebut diawali dengan renungan dan refleksi hari pers, serta doa bersama. Semua karyawan duduk lesehan tanpa sekat. Tentunya tetap dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Di tengah kondisi pandemi sekarang, semua harus tetap semangat. Ini sesuai tagline antusiasme baru. Apalagi wartawan yang merupakan ujung tombak pers harus lebih bersemangat,” kata  Pemimpin Redaksi Jawa Pos Radar Semarang Arif Riyanto.

Menurut Arif, perjuangan para tokoh pers zaman dulu, bisa menjadi teladan bagi para wartawan saat ini. “Meliput banjir yang harus berbasah-basah dalam beberapa hari ini belum seberapa jika dibandingkan dengan perjuangan para tokoh pers pendahulu kita. Karena itu, semangat, idealisme, dan hati nurani harus ditanamkan di setiap wartawan,” ujarnya.

Selanjutnya perwakilan wartawan Semarang, Pekalongan, dan Kepala Biro Kedu diminta memberikan sambutan. Adenyar Wycaksono, wartawan desk Balai Kota Semarang mengatakan, pers saat ini benar-benar dalam kondisi yang cukup sulit. Di tengah merebaknya media sosial dan kemajuan teknologi. Sehingga membutuhkan komitmen, kerja keras, dan harus terus berinovasi. “Dan, saya yakin media cetak akan tetap berkembang sampai kapanpun, termasuk Jawa Pos Radar Semarang” katanya optimistis.

Baca juga:  Penampakan Tentara Jepang Tanpa Kepala di Barak Militer Bantir

Hal senada diungkapkan wartawan Kabupaten Pekalongan, Nanang Rendi Ahmad.

Sementara, Kepala Biro Kedu Listyorini Retno Wibowo mengatakan, sekarang memang banyak tantangan yang dihadapi wartawan. Untuk itu, semangat menjadi wartawan harus terus diasah dengan mengedepankan hati nurani dan kejujuran. Tanpa embel-embel apapun untuk bisa melahirkan informasi yang dibutuhkan dan membangun. “Selamat Hari Pers Nasional, pers tetap jaya, dan Jawa Pos Radar Semarang semakin maju,” ujarnya.

Direktur Jawa Pos Radar Semarang Baehaqi mengatakan, semangat kejujuran harus terus dipegang wartawan. Informasi apapun di lapangan harus benar-benar valid dan sesuai dengan kondisi riil. Sebab, dengan itu, pers akan terus bisa bertahan di tengah gempuran media sosial. “Semangat kejujuran dan hati nurani harus terus dipegang teguh,” katanya.  “Selamat merayakan Hari Pers Nasional. Semoga Jawa Pos Radar Semarang menjadi lebih baik, besar, dan jayalah pers nasoinal,” katanya.

Baca juga:  Hajar Persik Kediri 3-0, Pelatih PSIS: Saya Sangat Bahagia dengan Tim Ini

Peringatan HPN diakhiri doa bersama dipimpin Ustad Falakhudin, dan dilanjutkan pemotongan tumpeng oleh Pemimpin Redaksi Arif Riyanto dan Redaktur Pelaksana Ida Norlayla. Potongan tumpeng masing-masing diserahkan kepada wartawati Ida Fadilah dan Adennyar Wycaksono. (fth/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya