alexametrics

Jalan Wolter Monginsidi Macet Total

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SemarangLumpuhnya Jalan Kaligawe karena terendam banjir, membuat jalan-jalan alternatif di Kota Semarang menuju ke arah Demak, Surabaya ataupun Kendal macet parah, misalnya di Jalan Wolter Monginsidi. Jalan ini merupakan salah satu akses menju ke arah Kaligawe untuk menuju ke Demak atau sebaliknya ke Kota Semarang via Pedurungan atau Arteri Soekarno Hatta.

Pantauan koran ini, akses menuju Kaligawe terlihat macet parah mulai dari Taman Banget Ayu atau fly over Alas Tua sampai ke Simpang Kaligawe kurang lebih sejauh enam kilomter.

Kemacetan ini terjadi karena sejumlah kendaraan memilih menghindari banjir untuk ke arah Surabaya ataupun Demak. Selain kendaraan pribadi, kemacetan juga diperparah adanya truk besar misalnya trailer dan truk boks. Padahal selain sempit dan berliku, jalan ini juga padat penduduk yang lalu lalang, sehingga menambah kemacetan.

Baca juga:  25 Persen SD Negeri Belum Penuhi Kuota

“Kondisi macet ini sudah terjadi sejak Sabtu (6/2/2021) kemarin, ya siang malam saat Kaligawe banjir kendaraan memilih lewat sini, kadang macetnya sampai fly over Alas Tua,” kata Lazuardi, warga yang tinggal tak jauh dari Taman Banget Ayu, Rabu (10/2/2021).

Lia Dina, pengguna jalan mengaku waktu tempuh untuk sampai ke pertigaan Genuk yang biasanya hanya 15 menit menggunakan sepeda motor melalui Jalan Wolter Monginsidi, karena macet ia tempuh menjadi 40 menit.”Waktu tempuhnya lebih lama, hampir satu jam. Kebetulan naik motor masih bisa mlipir lewat pinggir trotoar. Kalau naik mobil mungkin sampai dua jam lebih,” tutur warga Pedurungan ini.

Kondisi macet ini juga dikeluhkan oleh sopir truk yang menghindari banjir Kaligawe, untuk sampai ke pertigaan Genuk kira-kira membutuhkan waktu lebih dari dua jam. Agar irit bahan bakar, saat macet dan mengantri panjang, pengemudi asal Sidoharjo ini kerap mematikan mesin.

Baca juga:  Taman Lalu Lintas Semarang Masih Mangkrak, Wahana Tertutup Rumput

“Saya memilih lewat sini karena tidak banjir, ya meskipun waktu tempuh menjadi lebih panjang setidaknya armada saya tidak rusak terkena air banjir atau mogok saat melintas di Jalan Kaligawe,” kata Angga.

Menurut informasi yang dihimpun, kemacetan parah juga terjadi untuk pengguna jalan dari Demak yang akan menuju ke Semarang. Antrean ekor kendaraan sudah mengular panjang dari Jalan Onggorawe sampai perempatan Genuk. (den/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya