alexametrics

Kawasan Genuk Masih Dikepung Banjir

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Kawasan Genuk dan Gayamsari, Kota Semarang masih dikepung banjir. Dari pantauan wartawan Jawa Pos Radar Semarang dua kawasan tersebut mayoritas juga mengalami pemadaman listrik.

Untuk mengatasi masalah logistik, warga sudah membuat dapur umum, yang diinisiasi Ibu-Ibu PKK, pengurus RW hingga Karang Taruna, sebagian juga ada dapur umum buatan kepolisian, yang terletak di dekat SPBU Kaligawe.

Tingginya air juga bervariasi ada yang 30 sentimeter hingga 80 sentimeter di jalan raya. Sementara di Genuk Indah mencapi 1 meteran. Sejumlah wilayah yang terserang banjir ada di Gebang Sari, Genuk Sari, Banjardowo, jalan raya Wolter Monginsidi, jalan raya Kaligawe, seputar jalan di kampus Unissula dan Jalan Padi Raya. Untuk kawasan Gayamsari ada di Sawah Besar, Pasar Waru, Purwosari, Tlogosari.

Baca juga:  Pedagang yang Tempati Basement Alun-Alun Kauman Keluhkan Sepi Pembeli

“Ketinggian banjir di kawasan kami RW 03, Banjardowo, Genuk perkirakan setinggi 30-80 sentimeter. Setidaknya ada sekitar 300 rumah warga yang terdampak banjir,” kata Ketua RW  03, Banjardowo, Haris Sujadmiko, Minggu (7/2/2021).

Dapur umum di RW 3, Kelurahan Banjardowo, Kecamatan Genuk. (JOKO SUSANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

“Banyak warga yang tidak bisa makan karena dapurnya terendam. Akhirnya RW secara swadaya dengan warga yang di bantu Ibu PKK dan Karang Taruna mendirikan dapur Umum,” sambungnya.

Wakil Ketua Karang Taruna Kecamatan Genuk, M Nastain, menambahkan banjir di kawasanya memang sudah mulai surut. Namun genangannya masih tinggi. Pihaknya juga khawatir curah hujan yang tak henti, bisa berdampak lagi, air akan kembali mengenang dan banjir.”Arus air tersendat di Wolter Monginsidi dekat lampu merah pantura, karena di sepanjang pantura dari Sayung sampai Kaligawe masih tinggi airnya,”sebutnya.

Baca juga:  DLH Bangun Taman, Siswa SMP Sumbang Ecobrik

 

Tak hanya itu, lanjutnya, kawasan Genuk Indah dan Gebang Sari juga masih pemadaman listrik, dari Semalam hingga hari ini, Minggu (7/2/2021). Akan tetapi kawasan Genuk Sari dan Banjardowo kondisi listrik aman menyala.”Fasilitas kesehatan  Puskesmas Genuk juga terendam. Untuk dapur umum dibuatkan masakan mie, kering tempe, telur, ada 1.200 porsi untuk 300 Kepala keluarga di Banjardowo,”jelasnya.

Sejumlah wilayah lain yang terjadi pemadaman listrik untuk pengamanan ada di Tambak Dalam, Sawah Besar gang 1 hingga 13, Tambakan, Barursari gang 1 hingga 10, Rusunawa Kaligawe, Pasar Waru, Muktiharjo, Genuk Indah, pangkalan truk, kemudian kawasan MAJT, Medoho, Gajah, Kyai Sakir, sebagian jalan Woltermongisidi dan banyak lagi. (jks/bas)

Baca juga:  Soroti Kota Pintar, Wali Kota Hendi Raih Gelar Doktor dengan Predikat Cumlaude

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya