alexametrics

Pandemi, Napi Perempuan Terpaksa Lepas Rindu lewat Video Call

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Masa pandemi menjadi hambatan warga binaan permasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Semarang melepas rindu dengan keluarga. Namun, pihak lapas tetap memfasilitasi dengan video call.

Kepala LPP Semarang Kritiana Hambawani melalui humas mengatakan, layanan ini sudah ada sejak 2018. Namun hanya diperuntukkan situasi darurat seperti keluarga sakit atau meninggal, warga negara asing, serta untuk narapidana yang yang jarang dikunjungi. “Dulu hanya dilakukan setiap hari Selasa dan Kamis. Tapi saat pandemi, semua WBP dapat menggunakan layanan ini,” ujarnya.

Ika menjelaskan, bagi warga binaan yang ingin melakukan layanan ini harus mendaftar dulu melalui inovasi elektronik monitoring (Emon). Pelayanan ini bisa dilakukan setiap Senin-Jumat sesuai jadwal.  “Untuk kunjungan video call kita hanya menyediakan panggilan keluar, tidak diperkenankan untuk panggilan masuk,” ujarnya Senin (1/2/2021).

Baca juga:  Bawa Celurit 30 Sentimeter, Salah Satu Anggotanya Masih SD

Selain itu, untuk mempermudah warga binaan mendapatkan haknya seperti hak integrasi, pihaknya juga menggelar sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP). Yaitu bagian evaluasi dalam tahap pembinaan awal dan tahap lanjutan untuk mendengarkan masukan dari seluruh anggota, agar pelaksanaan pembinaan berjalan secara maksimal. (ifa/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya