alexametrics

Warga Keberatan Daya Listrik Rumah Deret

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Selama dua tahun warga Tambakrejo hidup di bawah jembatan layang arteri Yos Sudarso. Kini warga merasa lega, setelah Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang membangun rumah deret yang diperuntukkan bagi 97 kepala keluarga (KK) agar hidup di tempat yang lebih layak. Warga pun berharap, rumah tersebut bisa dimiliki atau sewa gratis.

“Kami sangat berterimakasih kepada Wali Kota Semarang, sehingga kami bisa menempati rumah deret ini,” kata tokoh masyarakat Tambakrejo, Rohmadi, Minggu (31/1/2021).

Rumah yang terletak di Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara itu diperuntukan 97 KK yang merupakan warga Tambakrejo. Sebagian dari mereka sudah menempati rumah tersebut empat hari lalu. Mereka menempati sambil memperbaiki kondisi rumah, agar layak ditempati. “Mereka (warga) menempati rumah tersebut, sambil memperbaikinya agar tidak bocor atau tempias,” tambahnya.

Baca juga:  Turunkan Berat Badan secara Instan, Berpotensi Gemuk Kembali

Sedangkan untuk air sudah berjalan dengan baik. Hanya saja, listriknya ternyata 1.300 watt. Padahal yang dibutuhkan warga hanya 450 watt sudah cukup. Untuk itu, pihaknya berharap pemerintah bisa menggantinya dengan 450 watt.

“Kami hanya menggunakan listrik yang watt-nya kecil. Tetapi ini malah dikasih 1.300 watt. Apalagi ini menggunakan token. Kami berharap diganti saja dengan 450 watt saja,” imbuhnya.

Rohmadi mengaku jika Pemkot Semarang tidak bisa memberikan sewa gratis, berharap sewanya tidak tinggi. Tapi separuh dari sewa rusun atau sekitar 30 ribu per bulannya. Warga berharap Pemkot Semarang segera membangun akses jalan menuju perumahan baru, agar warga bisa segera beraktivitas secara normal. “Kalau bisa, Pemkot memberikan sewanya dengan murah, sehingga warga bisa menempatinya dan mampu membayar,” harapnya.

Baca juga:  Bencana Masih Ancam Temanggung

Salah seorang warga Sholikatun mengaku, setelah menempati rumah ada beberapa yang harus diperbaiki. Misalnya di rumah tipe 21 ini, harus membuat dapur serta memperbaiki rumah agar tidak tempias sehingga perlu ditambahi asbes.

“Kalau tidak ditambahi, rumah ini akan tempias air hujan ketika hujan mengguyur. Untuk itu, perlu ditambahi lagi agar tidak kehujanan,” katanya. (hid/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya