alexametrics

E-Tilang Segera Diberlakukan Lagi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Masyarakat utamanya pengendara untuk selalu berdisiplin atau patuh dalam berlalulintas. Sebab, kepolisian melalui Direktorat Lalulintas Polda Jawa Tengah akan melakukan penilangan tehadap pelanggar yang terekam kamera CCTV.

“Rencana Febuari ini launching tiga ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement). Sedang kita rangkum bagaimana caranya tiga ETLE ini bisa dikaitkan dengan e-Tilang secara baik,” ungkap Dirlantas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Rudi Syafirudin Selasa (26/1/2021).

Rudi mengatakan, terkait program ini, pihaknya juga berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kota Semarang. Koordinasi dengan Pemkot akan dilakukan hari ini (27/1/2021).

“Pak Gubernur menyambut baik. Dengan adanya program dari Pak Kapolri, bahwa polisi lalu lintas tidak melakukan tilang tradisional yaitu orang per orang tapi diganti dengan e- Tilang, IT,” jelasnya.

Baca juga:  Kendaraan Dinas Covid Diluncurkan

Menurutnya, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan. Sebab, Dinas Perhubungan mempunyai kamera CCTV di sejumlah ruas jalan di wilayah Kota Semarang. “Tapi bukan untuk sarana ETLE tapi hanya untuk sarana pemantauan saja,” katanya.

Sedangkan titik ETLE milik Polda Jawa Tengah yang sudah terpasang berada di ruas Jalan Pandanaran, ada dua. Satunya berada di sekitaran kawasan Tugu Muda. “Kita sudah punya ETLE tiga, tapi belum difungsikan. Rencananya kita akan sosialisasikan dulu E TLE yang ada di kita,” bebernya.

Setelah pemasangan tiga titik tersebut, program ini nantinya akan berkelanjutan dengan pemasangan di tempat lain. Rudi menyebutkan, pemasangan diutamakan di ruas jalan di dalam wilayah Kota Semarang. “Nanti akan ada penambahan lagi ada sekitar sembilan sampai 14 yang ada di Jawa Tengah. Tambahan menyusul. Kalau di jalan tol tidak ada,” terangnya.

Baca juga:  PKK Kota Semarang Berikan Bantuan untuk Masjid, Anak Yatim dan Stunting

Langkah yang dilakukan, Rudi mengatakan juga akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat terlebih dahulu sebelum pelaksanaan. Menurutnya, sehingga masyarakat bisa berdisiplin dengan sendirinya.

Selain itu, masyarakat juga selalu akan memberikan contoh kepada masyarakat lainnya, untuk sama-sama mengingatkan terkait penindakan pelanggaran yang tertangkap kamera CCTV. (mha/ton) 

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya