alexametrics

75 Persen Barang Sitaan telah Dikembalikan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Semarang, telah mengembalikan 75 persen barang rampasan (baran) kepada pihak yang berhak setelah kasusnya berkekuatan hukum tetap.

Kepala Rupbasan Semarang, Sardjono mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) selaku eksekutor dan aparat penegak hukum lainnya. Hal tersebut karena pengeluaran barang sitaan dan barang rampasan harus memiliki kekuatan hukum tetap. Sebelum diserahkan kembali kepada pihak yang berhak menerima. Hal ini mengacu dan berpedoman pada Peraturan Kejaksaan Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2019.

Rupbasan telah menyelesaikan titipan barang sitaan dan rampasan periode 2008-2018. Beberapa di antaranya yakni pengeluaran baran berupa 13 unit sepeda motor dan basan berupa satu unit sepeda motor telah diproses Rabu (20/1). “Sekitar 75 persen Baran yang mangkrak dari puluhan tindak perkara pidana telah diselesaikan,” ujarnya Kamis (21/1/2021).

Baca juga:  Banjir, Awak Bus Mengaku ‘Boboran’

Pihaknya berharap, semua baran dan basan yang mangkrak dapat terselesaikan secepatnya dengan memperhatikan peraturan perundang-undangan. Meski dinilai mangkrak, namun Rupbasan tak lengah dari tugas menjaga dan merawat titipan tersebut. Agar tetap dalam keadaan semula. “Seperti mobil ya dipanasi mesinnya,” tegasnya. (ifa/zal)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya