alexametrics

Traffic Light Taman Madukoro Kembali Difungsikan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SemarangDinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang berencana kembali memfungsikan traffic light (TL) di Taman Madukoro. Mengingat arus lalu lintas di kawasan tersebut cukup semrawut. Utamanya dari arah timur yang memutar menuju Jalan Madukoro, ataupun yang menuju Siliwangi. Sehingga terjadi crossing dengan kendaraan dari arah barat.

“Setelah dikaji, titik ini sering terjadi kepadatan dan berdasarkan rasio kendaraan yang ada memang diperlukan (traffic light),” kata Kepala Dishub Kota Semarang Endro Pudyo Martanto Selasa (5/1/2021).

Sebelumnya, Dishub Kota Semarang sempat memasang TL di sekitar Jembatan Madukoro Banjir Kanal Barat (BKB). Karena tidak efektif lalu tidak lagi difungsikan. Untuk TL baru ini, rencananya digeser ke arah barat. Tepatnya di U-turn Taman Madukoro, dan satu lagi akan ditambah di depan SPBU Jalan Jenderal Sudirman.

Baca juga:  Kepatuhan Prokes Menurun, Pasar Tiban dan Pusat Keramaian Dievaluasi

“Kita tambah satu TL untuk yang ke arah timur di depan SPBU. TL yang lama digeser ke U-Turn yang ada di Taman Madukoro,” tegasnya.

Pemasangan dan pengerjaan instalasi bawah tanah sendiri diprediksi memakan waktu 30 hari kerja. Sementara untuk proses uji coba akan dilakukan pada Februari mendatang. “Kami optimis bisa efektif dan memecah kepadatan,” ujarnya.

Sementara itu, untuk kendaraan dari arah timur ke barat atau Kalibanteng tetap seperti biasa. Dishub dan Satlantas Polrestabes Semarang akan memasang barrier (pembatas) untuk memudahkan kendaraan yang akan berputar dan ke erah barat. “Jadi yang kendaraan akan berputar nanti ikut arahan lampu TL,” tandasnya. (den/zal)

Baca juga:  Tebing Gombel Lama Longsor, Lalu Lintas Padat Merayap

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya