alexametrics

Langgar Tugel Jadi Destinasi Wisata Religi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang — Keberadaan langgar Tugel di Kelurahan Gisikdrono, Semarang Barat selain sebagai tempat ibadah juga jadi destinasi wisata religius. Tempat wisata ini diharapkan berdampak pada peningkatan perekonomian warga.

“Tentunya selain sebagai tempat ibadah juga dapat meningkatkan perekonomian warga,” kata Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu atau mbak Ita seusai peresmian langgar Tugel Rabu (30/12/2020).

Mbak ita menambahkan, di wilayah Kecamatan Semarang Barat terdapat dua makam yang bisa disambungkan yakni Sunan Kuning dan Kiai Sabar Drono. Kedua tempat ini dapat menjadi destinasi wisata religius.

Pembangunan Langgar Tugel Kiai Sabar Drono merupakan hasil swadaya dari masyarakat. “Ini sangat luar biasa sehingga sejak awal masyarakatnya bergotongroyong dan juga mereka berswadaya sendiri sehingga menjadikan kelurahan Gisikdrono mendapatkan prestasi yang membagakan,” tambahnya.

Baca juga:  Bantuan Subsidi Upah Bertahap, Pekerja Harap Sabar

Sesepuh warga Gisikdrono Munjirin mengatakan, renovasi langgar Tugel ini merupakan salah satu upaya warga dalam menghormati leluhurnya yakni Mbah Kiai Sabar Drono yang merupakan cikal bakal kelurahan Gisikdrono.

“Sampai sekarang ini kita Mikul Dhuwur Mendem Jero artinya menghormati leluhur yang sudah berkiprah dalam rangka mensejahterakan masyarakat Gisikdrono dan peninggalannya maka dibuatkan tetenger langgar Tugel ini,” katanya. (hid/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya