alexametrics

Bertemu 20 Tahun Sekali, The Great Conjunction Sayang untuk Dilewatkan

Artikel Lain

SEMARANG, Radar Semarang – Sebanyak 240 santri Pondok Pesantren (Ponpes) Life Skill Daarun Najaah mengikuti pengamatan peristiwa langit langka. Yakni The Great Conjunction atau konjungsi besar antara planet Jupiter dan Saturnus.

Pengasuh Ponpes Life Skill Daarun Najaah, Ahmad Izzuddin menjelaskan, the great conjunction sendiri adalah peristiwa dimana planet Jupiter dan Saturnus berada dalam satu garis lurus terhadap bumi. Dimana hal tersebut hanya dapat disaksikan manusia tiap 20 tahun sekali.

“Karena Saturnus membutuhkan waktu hampir 30 tahun untuk mengelilingi matahari, sedangkan Jupiter membutuhkan waktu hampir 12 tahun. Hal inilah yang membuat konjungsi hanya terjadi setiap 20 tahun sekali,” ujarnya.

Ketua Umum Asosiasi Dosen Falak Indonesia (ADFI) ini menambahkan pada konjugasi tahun ini posisi planet jauh lebih dekat dari biasanya. Hal ini baru terjadi lagi dalam 400 tahun, sehingga ini lebih istimewa. “Yang terakhir posisi planet bisa dilihat sedekat ini adalah pada tahun 1226. Atau saat abad pertengahan,” lanjutnya.

Baca juga:  Inspirasi Arif dan Anik Mahmudah

Maka dari itu, untuk mengabadikan momen langka tersebut, pihaknya mengajak seluruh santri dapat melakukan pengamatan agar dapat mempelajari sekaligus mensyukuri kuasa Tuhan yang Maha Esa.

“Saya rasa hal ini sangat penting karena mendapat kesempatan di hidup kita untuk menyaksikan konjungsi malam ini. Sebuah nikmat yang tidak bisa dipungkiri,” pungkasnya.

Sementara itu Panitia Pengamatan Anis Geprek menjelaskan, pengamatan dilakukan selama tiga jam. Dengan menggunakan teleskop khusus yang sudah disediakan oleh ponpes. Pihaknya berharap kegiatan semacam ini dapat terus berlanjut. “Insya Allah kami akan terus menyelenggarakan kegiatan seperti ini,” pungkasnya. (akm/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya