alexametrics

Warga India dan Malaysia Dideportasi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Tiga warga negara asing (WNA) dideportasi oleh Kantor Imigrasi Kelas I Semarang. Dua di antaranya dari India dan satu warga Malaysia.

Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Semarang Alvian Bayu Indra Yudha menjelaskan, kedua WNA India tersebut terbukti melanggar Pasal 116 UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Mereka bernama Praveen Sharma dan Rabi Shangkar Malik.

Pelanggaran yang dilakukan kedua WNA tersebut adalah tidak melaporkan data perpindahan tempat tinggal. “Berdasarkan izin, mereka harusnya tinggal di daerah Jakarta, tetapi justru pindah ke Semarang,” ujarnya Kamis (12/11/2020).

Preveen dan Rabi sudah dideportasi Sabtu (7/11/2020) melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta Jakarta.

Baca juga:  Mulai Ramai, Alun-Alun Dipasang Tempat Cuci Tangan

Sementara itu, lanjut Alvian, WNA lain asal Malaysia akan dideportasi hari ini. Sitihazar binti Mokhtar ini dinilai terbukti melanggar pasal 78 Ayat 1 dan Ayat 2 UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Izin tinggalnya melampaui dari waktu yang telah ditentukan atau overstay.

“Izin tinggalnya idak bisa diperpanjang. Yang bersangkutan katanya saat itu mendampingi anaknya yang belajar di pondok pesantren di daerah Demak,” ungkapnya.

Alvian menerangkan, dalam kurun waktu Januari hingga pertengahan November 2020 ini, Kantor Imigrasi Semarang sudah mendeportasi 17 WNA. Pihakya mengatakan akan terus melakukan pengawasan dan penindakan terhadap warga asing yang melanggar aturan keimigrasian. (ifa/zal/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya