alexametrics

Sindikat Pencuri Kabel Digulung

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum)  Polda Jawa Tengah menangkap 14 pelaku pencurian kabel milik Telkom. Kawanan tersebut beroperasi di sejumlah wilayah, tidak hanya di Jateng, tetapi juga di wilayah Jawa Barat.

Dirreskrimum Polda Jateng Kombes Wihastono Yoga Pranoto mengatakan, pelaku yang merupakan kelompok Lampung ini ditangkap di sejumlah tempat berbeda. Terakhir mereka beraksi di Jalan Supriyadi Kota Semarang pada Kamis (22/10/2020) lalu.

“Modus mereka berpura-pura sebagai petugas dari Telkom dengan menunjukkan surat keterangan yang pelaku buat sendiri,” katanya yang didampingi Kabid Humas Polda Jateng Kombes Iskandar F Sutisna Kamis (12/11/2020). Hasil penjualan kabel tersebut sekitar Rp 150 juta dan dibagi sesuai dengan jumlah pelaku.

Baca juga:  Warga India dan Malaysia Dideportasi

Selain menangkap 14 pelaku, polisi juga menyita beberapa barang bukti. Yakni tiga unit mobil, uang tunai sebesar Rp1,5 juta, empat buah rompi, gergaji besi dan surat tugas palsu. “Tersangka dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara,” tambahnya.

Otak pelaku inisial H mengaku bersama komplotannya sudah melakukan empat kali aksi di tempat yang berbeda diantaranya di Kota Semarang, Kabupaten Kebumen dan Cirebon. Namun dua kali gagal. “Saya itu melakukan pencurian ini lantaran pernah bekerja sebagai pihak ketiga dalam pengerjaan kabel PT Telkom,” akunya. (hid/ton/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya