alexametrics

Hujan Deras, Kapal Penumpang Tabrak Tongkang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Cuaca ekstrem menyebabkan kecelakaan air di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Kapal Motor (KM) Dharma Kencana yang akan berangkat menuju Pontianak menabrak kapal tongkang TK Virgo Sejati Selasa (10/11/2020) sekitar pukul 19.25 WIB. Taka da korban jiwa, tapi keberangkatan KM Dharma Kencana mengalami keterlambatan.

Manager Cabang Dharma LautanUtama (DLU) Semarang Herman Fajar mengatakan, sesuai jadwal, KM Dharma Kencana akan meninggalkan Tanjung Emas pada pukul 19.30 WIB. Saat itu informasi dari VTS dan kepanduan menyatakan alur sudah clear.

“Setelah posisi di sekitar bouy 4, tiba-tiba terjadi hujan disertai dengan angin kencang. Ada tongkang yang berlabuh larat (terbawa arus) karena angin kemudian pas melintang d ialur pelayaran depan kapal kami sehingga terjadi tabrakan,” katanya.

Baca juga:  152 Guru PPPK Siap Kerja

Akibat tabrakan tersebut, KM Dharma Kencana mengalami kerusakan penyok di bagian ramp door dengan posisi di atas air sehingga aman. Di bagian bawah air juga tidak terjadi kebocoran. Kapal akhirnya bersandar kembali untuk diperbaiki. Rabu (11/11/2020) sore kapal sudah bisa berangkat ke Pontianak. “Untuk penumpang dan muatan aman bahkan kami berikan layanan makan dan hiburan sesuai prosedur kami sambil nunggu selesai perbaikan dan kapal berangkat,” tambahnya. Penumpang yang membatalkan keberangkatan, uang tiket dikembalikan 100 persen.

Kepala SPK Polsek Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Aiptu Harsono mengatakan, usai kejadian, TK Virgo Sejati yang berada di alur pelayaran ditarik oleh TB 38 dan TB Power 6. Pada pukul 22.00 WIB, tongkang berhasil dikeluarkan dari alur pelayaran ke area labuh. “Kemudian pukul 02.00 WIB, KM Dharama Kencana kembali sandar di dermaga Nusantara,” katanya.

Baca juga:  Hindari Bungkus Plastik dalam Pembagian Daging Kurban

Prakirawan BMKG Maritim Ganis Erutjahyo mengatakan kondisi Pelabuhan Tanjung Emas saat ekjadian hujan lebat disertai petir. Kecepatan angin berdasarkan pengamatan tercatat 27 knots, artinya angin cukup kencang. (hid/ton/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya