alexametrics

Trans Semarang Bakal Punya Jalur Khusus

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang Rencana pembangunan dedicated line atau jalur khusus armada Trans Semarang terus dimatangkan. Berbagai kajian telah dilakukan, termasuk mengadakan kajian dampak lingkungan.

Plt Kepala BLU Trans Semarang Hendrix Setiawan mengatakan, dedicated line rencananya akan dibangun sepanjang 12,83 kilometer. Titiknya mulai dari simpang Jrakah sampai simpang Fatmawati.

“Kajian ini termasuk pada dampak lingkungannya. Misalnya daerah mana yang butuh jalur khusus, atau mana yang tidak dan mix dengan kendaraan lain,” katanya kemarin.

Dari kajian yang ada, menurut Hendrix, sementara belum membutuhkan pembabasan lahan untuk merealisasikan jalur khusus Trans Semarang tersebut.

“Sementara belum ada lahan yang dibebaskan. Kemungkinan menggunakan jalur yang sudah ada atau eksisting,” tuturnya.

Baca juga:  Dihajar dari Belakang, Truk Bermuatan Besi Nyaris Jatuh dari Jembatan Layang

Dalam kajian yang dilakukan, juga membahas tentang imbas atau dampak sosial jika jalur khusus ini benar-benar direalisasikan. Misalnya saja pelaku usaha, ataupun Organda (organisasi angkutan darat).

“Ini belum bisa jadi acuan, ke depan masih ada diskusi tentang rencana aksi jalur khusus.  Rencana tersebut saat ini masih dalam tahap feasibility study (FS) atau studi kelayakan,” paparnya

Dari kajian sementara, Tutur Hendrix, jalur sepanjang 12,83 kilometer ini membutuhkan 27 shelter Trans Semarang. (den/zal/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya