alexametrics

Kunjungan Virtual Museum Ranggawarsita Tembus 16 Ribu

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Kunjungan virtual Museum Ranggawarsita Jawa Tengah cukup tinggi. Terbukti, masa libur panjang kemarin mencapai 16.102 pengunjung.

Plt Kepala Museum Ranggawarsita Jateng Eris Yunianto mengatakan, sejak awal pandemi kunjungan langsung museum ditiadakan. Hal ini untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. Semua kunjungan ke museum dialihkan ke virtual. “Jadi semua akses sementara kami tutup. Dialihkan ke virtual,” kata Eris.

Kunjungan virtual tersebut bisa diakses melalui website e-museum. Menurutnya, pandemi tidak membatasi pelayanan informasi seputar Museum Ranggawarsita kepada masyarakat. Kunjungan museum meningkat tidak terlepas dari pameran.

“Pameran virtual dibagi menjadi tiga bagian. Pertama, bertajuk Batuan dan Pra Aksara, kemudian bagian kedua bertajuk Masa Klasik dan Masa Islam, ketiga Masa Perjuangan dan Masa Budaya,” terangnya.

Baca juga:  ASN Pekalongan Bantu Stok Darah

Menurutnya, dari ketiga pameran tersebut memiliki andil besar dalam peningkatan jumlah kunjungan. Yang paling menyedot animo kunjungan yakni pameran bertajuk Masa Perjuangan dan Masa Budaya. Di pameran tersebut, mencapai 5.369 pengunjung virtual. Disusul Masa Klasik dan Masa Islam mencapai 5.367 pengunjung. Untuk pameran bertajuk Masa Batuan dan Pra Aksara mencapai 5.366 pengunjung.

Sementara itu, pengelola museum tetap rutin melakukan perawatan koleksi museum.  Termasuk melakukan sterilisasi dengan desinfektan. “Kami juga melakukan pembenahan dan menata ulang koleksi museum, serta menambah sarana prasarana untuk mendukung penerapan protokol kesehatan di museum,” tandasnya. (avi/zal/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya