alexametrics

Sukses dengan Ambulans Hebat, Hendi Proyeksikan Bus Layanan Kesehatan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Keberadaan Ambulans Hebat telah memberikan manfaat yang sangat luas bagi warga Kota Semarang. Baik sebagai layanan kesehatan mobile maupun sebagai layanan gawat darurat. Ambulans Hebat menjadi salah satu program inovatif pasangan calon petahana Hendrar Prihadi dan Hevearita di periodenya yang pertama.

Tak berhenti sampai di situ, pasangan calon yang akrab disapa Hendi – Ita itu pun berkomitmen terus mengembangkan pelayanan kesehatan di Kota Semarang, yaitu dengan program ‘Hospital Bus’, atau layanan kesehatan dalam sebuah bus.

Hendi menjelaskan, ‘Hospital Bus’ akan menjadi pengembangan dari Ambulans Siaga. Namun dengan kapasitas yang lebih besar. Dengan peralatan yang lebih lengkap. Nantinya bus layanan kesehatan tersebut akan berpindah-pindah tempat memberikan penyuluhan serta pengecekan kesehatan masyarakat secara berkala.

Baca juga:  Bokong Ketek Lepas, Kontainer Terguling

Harapannya, melalui bus layanan kesehatan tersebut, kepedulian masyarakat dalam memeriksakan kesehatannya secara berkala dapat lebih meningkat.

Hendi menekankan melalui ‘Hospital Bus’, Pemerintah Kota Semarang nantinya akan didorong melakukan jemput bola. “Jadi dengan adanya layananan kesehatan mobile dalam sebuah bus, pemerintah dapat jemput bola kepada masyarakat secara berkala untuk melakukan screening kesehatan,” terang Hendi.

“Maka ketika terdapat gangguan kesehatan, dapat dideteksi lebih dini. Kemudian diteruskan ke pelayanan kesehatan lainnya, agar dapat tertangani sebelum parah,” tegasnya.

Selain bus layanan kesehatan, Hendi juga akan mendorong pelayanan Puskesmas menjadi 24 jam. Harapannya dengan jam pelayanan penuh, masyarakat dapat lebih mudah mengakses pelayanan kesehatan tanpa mengganggu aktivitas utamanya.

Baca juga:  Mabuk, Dua Pemotor Tewas

“Rintisannya kan sudah ada pelayanan Ambulans Hebat Sicepat yang beroperasi 24 jam, tersambung dengan call center 112, dan gratis. Maka ke depan di Puskesmas juga dapat didorong untuk memberikan layanan kesehatan full day,” pungkas Hendi. (zal/bas)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya