alexametrics

Unggah 5.712 Postingan Video, UIN Walisongo Pecahkan Rekor MURI

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – UIN Walisongo Semarang mendapat anugerah penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) Senin (26/10/2020). Penghargaan tersebut didapat setelah mahasiswa UIN Walisongo mengunggah video moderasi beragama sebanyak 5.712 postingan di Instagram maupun Youtube pada peringatan Hari Santri beberapa waktu lalu.

Senior Manager MURI Sri Widayati menyatakan, UIN Walisongo telah memecahkan rekor sebelumnya yang disandang oleh Universitas Islam Malang pada 2 Oktober 2020. “UIN Walisongo Semarang berhasil menumbangkan rekor sebelumnya dari Universitas Islam Malang yang mengunggah 3.833 video” ujarnya.

Ia menerangkan bahwa tim MURI melakukan penilaian tersebut dengan memantau unggahan mahasiswa UIN Walisongo sejak 22 Oktober sampai 25 Oktober 2020. Berdasarkan unggahan video dari mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan mahasiswa yang mengambil mata kuliah Islam dan Moderasi Beragama.

Baca juga:  Ceng Beng, Tradisi Nyadran Masyarakat Tionghoa

Sementara itu, Rektor UIN Walisongo Prof Dr Imam Taufiq menjelaskan, penganugerahan MURI ini memberikan tanggung jawab pada UIN Walisongo dalam menjaga dan mengampanyekan gagasan agama yang moderat dan damai. “Sudah saatnya menularkan gagasan tentang moderasi di ranah publik untuk melawan unggahan kebencian maupun hoax,” jelasnya.

Ia berharap, penganugerahan MURI video moderasi beragama ini tidak sebatas pengakuan dari MURI saja, tetapi harus bisa membawa pesan mendalam dalam memaknai moderasi beragama seperti yang diajarkan oleh walisongo. “Warga UIN Walisongo harus bisa menebar kedamaian seperti halnya walisongo,” tutur Imam. (cr2/ida/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya