alexametrics

Pilwalkot Semarang Diikuti 1.174.068 Calon Pemilih

Artikel Lain

RADARSEMARANG, Semarang Sebanyak 1.174.068 orang berhak mencoblos dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwakot) Semarang 2020. Daftar pemilih tetap (DPT) Pilwalkot telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang, di Patra Semarang Hotel & Convention Rabu (14/10/2020).

“Jumlah DPT ini nantinya akan digunakan untuk penyediaan surat suara,” kata Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom.

Nanda, begitu ia disapa, mengatakan, meski telah resmi ditetapkan, DPT masih bisa berubah. Dikarenakan masih ada masa pemeliharaan, misalnya jika ada warga yang meninggal, alih status, ataupun pindah memilih bisa dilayani.

Pindah memilih, lanjut dia, ini hanya antar kecamatan bukan kota. Misalnya bekerja di kecamatan A, tidak bisa hadir karena rumahnya di kecamatan B. “Nanti ada prosedurnya. Masa pemeliharaan ini dilakukan setiap bulan di setiap kelurahan, KPU kemudian melakukan sinkronisasi,” bebernya.

Baca juga:  Bangkitkan Wisata Patemon dengan Napak Tilas

Selain itu, kata dia, terdapat pula daftar pemilih tambahan untuk mengakomodasi calon pemilih yang belum terdaftar dalam DPT. Nanda juga memastikan pemilih yang menjalani perawatan atau isolasi akibat Covid-19 di rumah sakit, rumah isolasi, atau di rumahnya masing-masing tetap bisa memilih. “Mereka tetap dilayani, bahkan ada bilik khusus jika pemilih suhunya di atas 37,3,” jelasnya.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Kota Semarang Nining Susanti mengatakan, sebelumnya telah memberikan saran perbaikan kepada KPU. Saran itu sudah dilakukan dan ditindaklanjuti, dan hasilnya ada perubahan yang signifikan dari jumlah DPT yang ditetapkan. “Jumlah pemilih turun sebanyak 6.143 pemilih dari jumlah daftar pemilih sementara (DPS) sebanyak 1.180.211 pemilih. Perubahannya mulai dari pemilih yang tidak memenuhi syarat dan lainnya,” katanya. (den/ton/bas)

Baca juga:  Didik Anak dengan Kecerdasan Emosional dan Spiritual

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya