alexametrics

Kunjungan Museum Beralih ke Sistem Daring

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Guna meminimalisir terjadinya penyebaran Covid-19, pengelola Museum Ranggawarsita Jateng membuka fasilitas kunjungan secara virtual melalui laman emuseumranggawarsita.id. Melalui laman tersebut, pengunjung bisa melihat koleksi-koleksi seperti harta emas Wanabaya atau batu meteorit atau ukiran dinding Masjid Mantingan-Jepara.

Kepala Museum Ranggawarsita Jateng Asih Widhiastuti mengatakan, selama masa pandemi Covid-19, museum tidak melayani kunjungan wisatawan. Agar bisa tetap dinikmati masyarakat, pihaknya membuat laman tersebut. “Selain melalui website, kami juga terus menggencarkan via media sosial, untuk tetap update isi museum,” kata Asih, Minggu (4/10/2020).

Bahkan, melalui laman itu, pihak pengelola juga kerap melakukan pameran virtual, sejak Juli 2020. Bahkan, Agustus dan September menggelar pameran tentang tema Masa Klasik dan Masa Islam serta Masa Perjuangan, selanjutnya Masa Budaya. “Selain itu, ada spot-spot baru seperti pojok batik, yang memamerkan koleksi batik dari seluruh Jateng,” tuturnya.

Baca juga:  Kapolda dan Pangdam Panen Ikan 5,4 Ton

Dijelaskannya, akses ke situs emuseumranggawarsita.id bisa dilakukan dari berbagai platform gawai. Tidak hanya menampilkan foto dan virtual tour, juga tersedia video yang memuat tentang informasi mengenai koleksi tersebut. Dari catatan pihak museum, sejauh ini traffic pengunjung melalui dunia maya sudah menyentuh angka 2.000 akun dalam kurun waktu sebulan.

Terpisah, Ketua Asosiasi Museum Indonesia Daerah (Amida) Jateng Agung Kristiyanto mengapresiasi langkah Museum Ranggawarsita membuat situs museum virtual. Momen Covid-19 menurutnya, bisa dimanfaatkan oleh manajemen untuk menggaet pengunjung meski lewat daring. “Ini merupakan momentum. Keberadaan museum elektronik juga dapat dimanfaatkan pelajar, yang kini belum bisa bersekolah tatap muka,” katanya. (ewb/ida/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya