alexametrics

Longsor Dipicu Aktivitas Pembangunan Pabrik

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Aktivitas proyek pembangunan pabrik milik PT Indo Usaha Wijaya Perkara, diduga menjadi pemicu terjadinya longsor di Dukuh Pucung RT 2 RW 2, Kelurahan Babankerep, Ngaliyan, Kota Semarang.

Rumah tersebut berada di atas bukit. Sementara di bawahnya sedang ada pengerukan tanah untuk keperluan pabrik tersebut. Guyuran hujan (Jumat (2/10/2020) membuat tanah longsor, menimpa beberapa rumah. Menyadari menjadi pemicu, perusahaan pun mendatangi warga terdampak dan menyelesaikan masalah tersebut secara kekeluargaan.

Perwakilan kontraktor PT Indo Usaha Wijaya Perkara Yulianto menegaskan bahwa kejadian longsor ini sudah diselesaikan.  “Kami sudah membuat kesepakatan dengan warga. Intinya tidak ada masalah. Nggak usah dibesar-besarkan,” kata Yulianto Sabtu (3/9/2020).

Salah satu warga terdampak, Bangkit, 26, mengaku rumahnya ambruk sekitar tiga bulan lalu. Namun semua kerugian sudah ditanggung pihak perusahaan. Bahkan, dia sudah dibangunkan rumah baru di lokasi berbeda.

Baca juga:  Pasang 10.872 Unit CCTV di Semua RT

“Kalau punya saya sudah selesai. Pas rumah ambruk posisinya sudah nggak berpenghuni. Tapi yang jelas kerugian sudah diganti,” kata Bangkit.

Musibah terbaru dialami keluarga Eko Wawan,36. Bagian belakang rumahnya longsor. Dari kabar yang beredar longsor juga menimpa kediaman Sri Royani, rumahnya dihuni 7 orang dari 2 kepala keluarga. Longsor menimpa kamar dan dapur tepat pukul 01.00 dini hari ketika hujan turun.

Pihak perusahaan juga langsung bersikap koperatif, langsung menemuinya untuk mencari solusi. Hanya saja saat ini masih proses berembuk dengan perusahaan. (jks/zal/bas)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya