alexametrics

Tebing Waduk Jatibarang Longsor

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang Tebing waduk Jatibarang longsor di beberapa titik. Pemkot Semarang berupa mencegah longsoran yang lebih besar dengan menggencarkan konservasi.

Koordinator Bidang Operasional Kantor Pengelola Waduk Jatibarang Didik Julianto mengatakan, longsor sudah terjadi dibeberapa titik tebing waduk. Sebab, posisi waduk yang terletak di Kelurahan Kandri Gunungpati dan Jatibarang ini memiliki kontur tanah yang labil. Merupakan daerah patahan. Saat dibangun, posisi patahan tanah ini dihindari agar tidak mengurangi fungsi dari bendungan dan waduk.

“Jenis lahannya adalah tanah pasir, agar fungsinya tidak berkurang harus dilakukan percepatan konservasi. Kita lakukan konservasi ini bekerja sama dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana, masyarakat dan Pemkot Semarang,” katanya di sela acara penanaman pohon sukun bersama Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahatu Minggu (20/9/2020).

Baca juga:  Puncak Mudik KA Diprediksi 30 April

Karena daerah patahan, lanjut Didik, perlu dilakukan penanaman dengan tamanan keras. Tujuannya agar tidak terjadi erosi. Pohon sukun menjadi tanaman yang pas untuk memperkuat kondisi tanah. Karena pohon sukun memiliki akar serabut, sehingga bisa mengikat struktur tanah dan bisa menyimpan air tanah.

“Sebelumnya dari Mapala USM gencar melakukan penanaman pohon sirsat, ini dibantu oleh Bu Ita dan masyarakat setempat kita lakukan penanamam lagi berupa bibit sukun,” imbuhnya.

Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menegaskan, pohon sukun sengaja dipilih karena bisa dijadikan makanan pendamping beras. Hal ini menurutnya sesuai dengan instruksi dari ketua umum PDI-Perjuangan, Megawati Soekarno Putri. “Sebagai kader saya dan mas Hendi kemudian menggencarkan di Semarang,” tuturnya.

Baca juga:  Ribuan Pengendara Terjaring Razia

Pemkot Semarang menyumbang 100 bibit sukun agar bisa ditanam sebagai langkah konservasi dan ketahanan pangan warga sekitar. (den/zal/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya