alexametrics

Jelajahi Museum Ranggawarsita secara Virtual

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Museum Ranggawarsita Semarang telah membuka layanan virtual tour. Tanpa harus berkunjung langsung, masyarakat bisa melihat barang-barang koleksi museum secara online.

Kepala Museum Ranggawarsita Asih Widhiastuti menuturkan hingga saat ini masyarakat memang belum dapat melakukan kunjungan ke museum. Penutupan ini untuk mencegah penyebaran Covid-19. Sebagai gantinya, pengunjung bisa mengakses website yang sudah disediakan untuk menjelajahi museum secara virtual. “Jadi setelah mendaftar tinggal buka webnya sudah langsung bisa menikmati fasilitas ini,” ujarnya di sela pengumuman pemenang kompetisi fotografi dan videografi Kamis (17/9/2020).

Selama museum belum beroperasi, sejumlah perbaikan fasilitas museum dilakukan. Selain itu, akan ada spot-spot baru seperti pojok batik, yang akan memamerkan koleksi batik dari seluruh Jawa Tengah. Manajemen museum juga tengah mempersiapkan segala fasilitas terkait dengan protokol kesehatan dan kelengkapan, seperti fasilitas menyusui dan akses difabel.

Baca juga:  Ratusan Lapak Liar Pasar Koplak Dibongkar Paksa

Asih menjelaskan, kompetisi fotografi dan videografi juga menjadi salah satu cara untuk mengenalkan museum pada masyarakat luas. Setiap hari ada 20 peserta yang diajak untuk mengelilingi museum. Mereka bisa membuat konten yang disesuaikan dengan tema dan dapat disebarluaskan. “Tidak hanya untuk promosi saja, namun lomba ini juga dapat mengasah kemampuan para peserta untuk membuat konten kreatif bertema budaya,” jelasnya. (akm/mg10/ton/bas)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya