alexametrics

Lahan Bertambah 13 Hektare, Normalisasi Sungai Beringin Butuh Rp 100 M

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang Normalisasi Sungai Beringin direncanakan kembali bergulir pada 2021. Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang telah memetakan pembebasan lahan. Terbaru, ada penambahan 13 hektare. Butuh anggaran Rp 100 miliar untuk pembebasan.

“Kalkulasinya jika harga tnah di sana Rp 1 juta per meter, jadi kita membutuhkan sekitar Rp 100 miliar,” terang Kepala DPU Kota Semarang Sih Rianung.

Sih Rianung menjelaskan, sebenarnya pengukuran terkait pembebasan lahan sudah klir. Namun desain berubah. Hingga akhirnya terjadi penambahan. “Ini ada perbahan desain yang butuh pembebasan lahan lagi, setelah di review panjangnya akan ditarik ke hulu. Tujuannya agar aliran air ketika musim hujan biar tuntas dan tidak menggenangi permukiman ataupun jalan pantura,” katanya.

Baca juga:  Salurkan Bantuan Face Shield melalui Lembaga Pendidikan

Anggaran pembassan lahan ini diharapkan bisa teralisasi meski akan dilakukan bertahap. Melihat kemampuan APBD Kota Semarang. Rianung menyebut jika Sungai Beringin memang menjadi sungai yang rawan meluap, bahkan berkali-kali tanggul yang ada di sungai tersebut jebol karena diterjang air dan masuk ke permukiman.“Nanti kita anggarkan bertahap pada 2021, semoga APBDnya sudah bagus,” harapnya.

Ketua DPRD Kota Semarang Kadar Lusman memastikan pembebasan lahan terkait normalisasi Sungai Beringin rencananya akan dianggarkan pada 2021 mendatang.

“Program ini sudah dirancang dan siap dilanjutkan, karena sudah masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kota Semarang. Prioritas memang penanganan banjir dan rob. Wilayah timur dan selatan sudah, tinggal wlilayah barat, yakni normalisasi Sungai Beringin,“ jelasnya.

Baca juga:  Elektabilitas Hendi Tak Tersaingi

Diketahui, normalisasi Sungai Beringin mendesak dilakukan. Sebab setiap tahun banyak warga yang terdampak. Luapan sungai membanjiri di Kelurahan Mangkang Wetan, Mangkang Kulon, Mangunharjo dan Wonosari. (den/zal/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya