alexametrics

Simpang Hanoman Ditutup, Trans Semarang Siapkan 14 Fedeer

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang Badan Layanan Umum (BLU) Trans Semarang menyiapkan 14 feeder untuk penumpang koridor I. Armada feeder ini digunakan karena adanya penutupan Jalan Siliwangi terkait pengerjaan perbaikan geometric di Simpang Hanoman, mulai Senin (24/8/2020) sampai Rabu (30/9/2020) mendatang.

Plt Kepala BLU Trans Semarang Hendrix Setiawan mengatakan, armada feeder yang disiapkan berfungsi sebagai armada pengumpan. Sebab, armada bus koridor I yang besar dikhawatirkan akan sulit melewati rute pengalihan jalur di Jalan Subali.

“Kita optimalkan feeder sebagai pengumpan penumpang koridor I. Total ada 14 feeder yang kami siapkan. Sebab, Jalan Subali tidak memungkinkan menggunakan bus,” jelasnya saat ditemui Jawa Pos Radar Semarang, Jumat (21/8/2020).

Baca juga:  Hendi Rintis Kawasan Wisata Aglomerasi Semarang Raya

Mekanismenya, lanjut Hendrix, penumpang dari Terminal Mangkang tujuan Semarang Kota, akan transit di halte Taman Lele dan berganti feeder untuk bisa melewati Jalan Subali. Selanjutnya, penumpang kembali transit di halte Karangayu berganti bus besar tujuan Terminal Penggaron.

Sebaliknya, untuk pengguna jasa dari Terminal Penggaron ke arah Mangkang, nantinya akan transit di halte Karangayu dan dilangsir dengan feeder sampai ke Taman Lele. Penumpang lalu melanjutkan perjalanan dengan bus besar dengan transit di halte Taman Lele menggunakan layanan feeder tanpa dikenakan biaya tambahan.

“Bus dari Terminal Mangkang akan habis layanan di halte Taman Lele, selanjutnya putar balik di Lapangan Tugu Jalan Walisongo, sedangkan bus dari Terminal Penggaron akan putar balik di bawah flyover Kalibanteng,” katanya.

Baca juga:  Pemkab Pekalongan Tetap Genjot IPM

Untuk bus Koridor IV relasi Terminal Cangkiran-Tawang, tidak menggunakan armada feeder dan melewati Jalan Subali. Hal ini karena armada koridor IV menggunakan armada bus sedang, sehingga masih bisa melintas di jalur pengalihan. “Koridor IV dari Terminal Cangkiran menuju Stasiun Tawang akan melewati jalur pengalihan. Pun dengan arah sebaliknya normal,” tuturnya.

Pengalihan rute juga akan dilakukan Trans Semarang untuk koridor II Terboyo – Sisemut, Koridor III Pelabuhan – Elisabeth, Koridor IV Tawang – Cangkiran, dan Koridor VII Terboyo – USM- Balai Kota. Ini menyusul adanya penutupan Bundaran Bubakan yang dilakukan selama tiga bulan mulai Sabtu (22/8/2020) hari ini.

“Rute Trans Semarang Koridor II, III, IV dan VII akan dialihkan melewati Jalan Widoharjo, Jalan Kartini, Jalan MT Haryono, kembali ke rute awal Jalan KH Agus Salim dan seterusnya. Pengguna jasa yang akan naik bisa menuju halte terdekat dari lokasi penutupan, seperti Halte Agus Salim (Semarang Plaza) maupun Halte Raden Patah,” paparnya. (den/aro/bas)

Baca juga:  1.505 Santri Diwisuda, Ketua Umum Badko: Semarang Konsisten

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya