alexametrics

Kirab Sam Poo Tay Djien Ditiadakan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang — Puluhan warga Tionghoa melakukan sembahyang kebesaran dalam perayaan 615 tahun kedatangan Laksamana Cheng Ho di Semarang. Sembahyang dilakukan di Kelenteng Tay Kak Sie Gang Lombok, Semarang, Selasa (18/8/2020). Mereka memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai bentuk penghormatan.

Dalam prosesi tersebut, umat membacakan parita suci atau liam keng yang dipimpin Pandita Tan Hing Tiong. Selanjutnya, umat berjalan mengelilingi kelenteng. Tepat pukul 12.00, dilanjutkan dengan pemilihan Cia Locu dan Hu Locu periode 2020-2021.

“Dalam prosesi perayaan Laksamana Cheng Ho ini, umat hanya memperingatinya secara sederhana. Yakni, dengan melakukan sembahyang dan berdoa sebagai bentuk penghormatan kepada Laksamana Cheng Ho,” kata Ketua Perayaan Sam Poo Tay Djien, Sindoro kepada Jawa Pos Radar semarang.

Sembahyang kebesaran itu diikuti pengurus kelenteng dan masyarakat umum. Mereka tetap mentaati protokol kesehatan, dengan menggunakan masker, face shield, jaga jarak dan memakai hand sanitizer.

“Seusai acara ini, tidak ada kegiatan lain. Biasanya setelah jut bio, maka esok harinya ada pergelaran wayang potehi. Tapi, karena pandemi, maka pergelaran wayang potehi ditiadakan,” jelasnya.

Baca juga:  Perusahaan Asing Dinilai Lebih Patuh

Sindoro mengatakan, biasanya peringatan kedatangan Laksamana Cheng Ho diperingati dengan melakukan kirab atau jut bio ke kelenteng Sam Poo Kong Gedung Batu dengan berjalan kaki dimulai pukul 05.00. Kemudian tepat pukul 13.00, kongco Sam Poo Tay Djien kembali dikirab ke Kelenteng Tay Kak Sie. “Tetapi sekarang karena pandemi, kirab Sam Poo Tay Djien juga ditiadakan,” katanya.

Cia Locu terpilih Boedhi Kurniawan mengatakan, untuk pemindahan kongco Sam Poo Tay Djien dari ruang utama menuju tempatnya akan dilakukan setelah rapat terlebih dahulu. “Jadi saya manut dengan pengurus lain sesuai dengan keputusan rapat,” ujarnya. (hid/aro/bas)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya