alexametrics

Persaingan Ketat, Sarjana Harus Mampu Pertahankan Eksistensi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Persaingan untuk mendapatkan pekerjaan sangatlah ketat. Jumlah kebutuhan pekerjaan lebih banyak, daripada jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia. Karena itu, tantangan sarjana bukan hanya masalah berebut peluang di perusahaan terbaik, namun harus mampu bertahan dengan eksistensinya.

“Untuk menghadapinya dibutuhkan kreativitas dan skill,” kata Rektor Untag Prof Dr Drs Suparno M.Si usai melakukan wisuda yang berjumlah 1.333 wisudawan secara daring di kampus Untag Bendan Duwur, Semarang, kemarin (15/8/2020).

Suparno menambahkan, sampai saat ini Untag telah meluluskan ribuan sarjana setiap tahun, sehingga merasa perlu mempersiapkan lulusannya agar dapat bersaing di dunia kerja. “Sumber daya manusia yang unggul adalah yang tidak hanya memiliki kemahiran hard skill saja tetapi memiliki aspek soft skill,” katanya.

Baca juga:  Wali Kota Pastikan UKK Imigrasi Siap Buka

Untuk itu, pihaknya melalui Unit Career Center bekerjasama dengan Usaid-Rwap mengadakan pelatihan soft skill siap kerja sebanyak empat bulan. Itu untuk membekali mahasiswa agar memiliki keterampilan soft skill sehingga mampu bersaing dalam pasar kerja ketika sudah lulus.

Banyak nekerjasama dengan perusahaan melalui program magang mahasiswa bersertifikat. Bahkan, kini menjadi satu-satunya universitas yang tergabung dalam Asean University Network on Architectural Design Education and Research. Memiliki program Double Degree di Youngsan University of South Korea 2019.

Sedangkan lulusan terbaik di antaranya, dari Program Doktor Prodi Ilmu Hukum Eko Yulianto, Program Magister Prodi Ilmu Hukum Heri Sartono, Program Magister Prodi Kenotariatan Anis Ulfa Apriliana SH, Program Sarjana Prodi Ilmu Hukum Arief Rohman Hachim,

Baca juga:  Isuzu Dukung Penerapan Standar Emisi Euro 4

Program Magister Prodi Administrasi Publik Fakultas ISIP Atika Elfandari, Elisabeth Bona Ventura, dan Ajeng Dyah Ayu Pangestika. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Magister Prodi Manajemaen Mohamad Yanuar Mufti ST, Hani Atur Rosyidah dan Laelatul Qodariyah.

Fakultas Teknik Program Sarjana Prodi Teknik Sipil, Gupita Diah Kusuma, Fika Sinta Febriliana dan Rifki Luqman Nul Hakim. Fakultas Bahasa dan Budaya Program Sarjana Prodi Bahasa Inggris Agnes Mega Selina Marpaung. Program Diploma Prodi Bahasa Jepang Nor Amira. Fakultas Teknologi Pertanian Program Sarjana Prodi Teknologi Hasil Pertanian Ismail Hestu Wuryanto. (hid/sct/ida/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya