alexametrics

Latih Warga Jaga Kesehatan Gigi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG-Universitas Diponegoro (Undip) kembali melaksanakan pelatihan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut pada kelompok rentan infeksi Covid-19. Yakni dalam rangka Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan oleh mahasiswa jurusan Kedokteran Gigi, Ailuul Almaa Adiwangsa.

Tema pemeliharaan gigi dipilih lantaran kesehatan gigi dianggap penting kaitannya dengan asupan makanan berkualitas. Kemudian mempengaruhi kekebalan tubuh. “Sebenarnya ada kaitan antara kesehatan gigi dengan Covid-19. Gigi yang bermasalah bisa memperburuk keadaan pasien. Karena semua yang dikonsumsi akan melewati gigi,” terangnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

KKN ini melibatkan masyarakat dengan usia di atas 50 tahun yang memiliki penyakit penyerta. Kegiatan diawali dengan pengisian kuesioner, dilanjutkan dengan penyuluhan cara merawat gigi dan mulut dengan mengajarkan sikat gigi yang baik dan benar. Selain itu, Almaa juga turut mensosialisasikan penggunaan benang gigi serta pijat kelenjar air liur untuk meningkatkan produksi air liur pada masyarakat kelompok lansia.

Baca juga:  Pakai Honda ADV 150, Bagikan 50 Paket Sembako

Adapun KKN dilakukan secara personal dari rumah ke rumah guna mengurangi terjadinya pengumpulan orang di tengah pandemi. Program ini dilanjutkan dengan pendampingan setiap minggu kepada peserta dengan kartu pendampingan. Di akhir KKN Almaa kemudian membagikan bingkisan berupa sikat dan pasta gigi, benang gigi, serta leaflet dan poster untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut.

KKN ini disambut baik oleh masyarakat. Salah satu peserta penyuluhan, Agus mengaku terbantu dengan adanya pelatihan ini. “pelatihan ini sangat bermanfaat, harapanya kegiataan edukasi dan pelatihan ini dapat diterapkan oleh seluruh peserta yang terlibat,” tuturnya. (nor/sct/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya