alexametrics

Layanan Rapid Test Dongkrak Okupansi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 4 Semarang memberikan layanan rapid test bagi penumpang Kereta Api (KA) jarak jauh yang berangkat dari Stasiun Tawang Semarang. Ini salah satu upaya mendongkrak okupansi penumpang KA yang selama pandemi Covid-19 ini turun drastis.

Executive Vice President (EVP) PT KAI Daop 4 Semarang Mohamad Nurul Huda Dwi Santoso, mengatakan fasilitas rapid test ini bisa digunakan pengguna KA jarak jauh dengan kode booking (aktif) Kereta Api untuk melakukan test. Layanan rapid test ini sendiri dimulai pukul 07.00 sampai 19.00 mulai Kamis (30/7/2020).

“Dalam sehari disediakan layanan 100 rapid test. Pengguna KA yang berangkat di bawah pukul 07.00 bisa melakukan rapid test di Stasiun Tawang minimal H-1 sebelum jadwal keberangkatan,” katanya.

Baca juga:  Hujan Dua Jam, Sejumlah Pohon Bertumbangan

Sebelumnya, banyak calon penumpang yang lupa melampirkan surat keterangan hasil non reaktif rapid test untuk menggunakan KA jarak jauh. Dangan adanya layanan ini, lebih memudahkan penumpang apalagi harganya sangat terjangkau, hanya Rp 85 ribu. Harga ini jauh dari peraturan Kemenkes yang dibandrol Rp 150 ribu.

“Kami berkomitmen untuk mengoperasikan kereta api dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada saat perjalanan,” jelasnya.

Layanan rapid test, lanjut dia, untuk memastikan semua penumpang bisa naik kereta api dengan aman dan nyaman bebas dari Covid-19. Selain itu, kepercayaan penumpang kereta api bisa kembali dan mampu meningkatkan okupansi dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Kami harapkan animo masyarakat bisa meningkat lagi untuk naik kereta api. Full sampai 70 persen bisa terisi dan biaya operasi bisa tertutupi dengan meningkatnya animo masyarakat menggunakan moda kereta api,” imbuhnya.

Baca juga:  Sedang Santai di Teras, Tertimpa Longsoran Tebing

Selain itu, memasuki libur panjang Idul Adha, PT KAI juga memberikan potongan tarif sampai 25 persen khusus akhir pekan untuk KA jarak jauh. Misalnya KA Kertajaya, Sembrani dan Argo Anggrek.

“Diskon ini berlaku sampai 2 Agustus mendatang. Jumlah tiket promo terbatas. Tiket dapat dipesan di aplikasi KAI Access, Web kai.id, dan seluruh mitra resmi penjualan tiket KAI lainnya,” tambah Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang Krisbiyantoro. (den/ida/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya