alexametrics

Wisudawan Terbaik Diwakili Robot

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Pandemi Covid-19 mengubah segalanya, termasuk dalam prosesi wisuda sarjana. Seperti dalam acara wisuda ke-159 Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Senin (27/7/2020). Dalam upacara wisuda yang akan digelar hingga 30 Juli itu, kehadiran para wisudawan digantikan oleh robot. Hal ini sebagai bentuk phisycal distancing untuk mencegah penyebaran Covid-19. Prosesi wisuda dihadiri Rektor Undip Prof Dr Yos Johan Utama, para Wakil Rektor dan Guru Besar, yang dipusatkan di aula Gedung Prof Soedarto, Tembalang, Semarang.

“Dalam wisuda kali ini, kami menghadirkan robot peraga wisudawan untuk memeriahkan wisuda daring. Robot generasi keempat ini bentuk upaya kami mengembangkan teknologi guna membantu orang lain. Harapan ke depan wajah robot bisa terlihat seperti wajah orang,” kata Rektor Undip Semarang Prof Dr Yos Johan Utama.

Baca juga:  Tanggul Sungai Plumbon Jebol, 41 Rumah di Mangkang Kulon Kebanjiran

Ia menjelaskan, keistimewaan robot peraga ini, selain bentuknya mirip dengan sosok wisudawan-wisudawati, juga dilengkapi fitur untuk berkomunikasi melalui layar tablet yang disematkan pada wajah robot. Komunikasi dilakukan melalui aplikasi video call, sehingga para wisudawan  yang berada di rumah masing-masing dapat berkomunikasi dua arah saat penyerahan ijazah.

“Keistimewaan lainnya, tangan kiri robot diposisikan untuk menerima ijazah. Telapak tangannya dilengkapi tatakan. Sedang tangan kanan robot dapat digerakkan naik atau turun, dan difungsikan untuk bersalaman. Kami akan ciptakan robot-robot lainnya, yang bisa membantu aktivitas warga,”ujar Prof Yos.

Plt Wakil Rektor Bidang Komunikasi dan Bisnis Undip Semarang Dwi Cahyo Utomo PhD menambahkan, tiga robot peraga wisuda itu dihadirkan mewakili tiga wisudawan-wisudawati terbaik pada setiap  fakultas. Adapun ketiga wisudawan terbaik yang diwakili robot akan menerima ijazah langsung dari rektor dan bersalaman dengan rektor serta dekan.  “Wisuda ke-159 ini diikuti 2.561 wisudawan yang terbagi atas 11 tahap. Jadi, mulai 27 hingga 29 masing-masing tiga tahap, kecuali tanggal 30 Juli berlangsung dua tahap,”bebernya.

Baca juga:  Karyanya Eksis Hingga Italia

Pada wisuda kemarin, terdapat dua mahasiswa asing, yakni Hasan Ali M Ali asal Libya. Ia lulus S2 Ilmu Lingkungan. Satunya lagi Kagiraneza Alexis Fidele asal Rwanda. Ia lulus  dari program studi S2 Sistem Informasi.  “Wisuda ke-159 ini merupakan wisuda daring kedua yang dilaksanakan Undip. Wisuda daring yang pertama digelar pada akhir Juni 2020 lalu,”jelasnya. (jks/aro/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya