alexametrics

Jalan Ambles Ngasinan, 10 Rumah Terancam

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Amblesnya Jalan Ngasinan, Kelurahan Srondol Kulon, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang mengancam 10 rumah di sekitarnya. Warga pun merasa waswas. Sejauh ini, warga hanya bisa melakukan pencegahan dengan membuat saluran air darurat.

Ketua RT 03 RW X Maryono mengatakan, warga berencana memindah jalan yang longsor itu. Sebab, kondisinya sudah tak memungkinkan.“Jalan akan kita urug, lalu dipindah ke tempat lain,” kata Maryono di sela kerja bakti, Minggu (26/7/2020).

Warga bergotong royong melepas paving block jalan dan memindah saluran air. “Kemarin Kepala DPU, pihak Kecamatan Banyumanik dan Lurah Srondol Kulon sudah datang ke sini untuk melakukan pengecekan seperti apa parahnya,” ujarnya.

Baca juga:  Kang Uu Tampung Aspirasi Peternak Ayam Priangan Timur

Jalan Ngasinan ini merupakan akses penghubung antara RT 03 dan RT 04 RW X. Di jalan itu, terdapat pipa saluran air rumah tangga. Pipa air dipindah. Langsung dialirkan ke sungai. Hal itu untuk antisipasi agar air tidak masuk ke tanah hingga mengakibatkan jalan ambles.

“Karena pipanya pendek, disambung dengan terpal bantuan dari BPBD Kota Semarang. Terpal dipotong-potong menjadi jalur air menuju sungai,” katanya.

Kedalaman tanah yang ambles mencapai 7 meter. Selain mengancam 10 rumah di wilayah RT 03, juga memutus akses menuju wilayah RT 04 yang dihuni sedikitnya 80 KK.

Warga RT 03 RW X Rohimah mengatakan, akibat tanah ambles, kondisi tembok dan lantai rumah warga retak-retak. Warga berharap agar jalan ambles segera ditangani Pemkot Semarang.  “Kami hanya bisa pasrah. Mau pindah rumah, belum ada dana,” ucapnya.

Baca juga:  Sejumlah TPU Overload, Semarang Butuh Lahan Makam Baru

Camat Banyumanik Maryono juga berharap bantuan segera turun untuk membuat jalan alternatif. Sebab, jalan yang ambles sudah tidak layak digunakan.  “Perbaikan jalan butuh biaya besar dan berisiko ambles lagi. Jalan satu-satunya ya harus dipindah,” tandasnya. (hid/aro/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya