alexametrics

Hendi Bantu Lunasi SPP 17 Siswa SMA Ronggolawe

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi memberi bantuan pembayaran SPP bagi 17 siswa di SMA Ronggolawe. Bantuan diberikan lantaran banyak siswa di sekolah tersebut menunggak pembayaran SPP lebih dari empat bulan.

Tercatat, sebanyak 15 siswa mendapatkan bantuan pembayaran SPP pada periode Juli hingga Desember. Sedangkan dua siswa akan dilunasi kewajiban SPP-nya sehingga dapat mengambil ijazah kelulusan.

“SPP kalian lunas semuanya. Setelah ini, kalian harus tetap semangat. Selalu ada hal yang bisa kita cari solusinya jika kita menemui masalah,” pesan wali kota yang akrab disapa Hendi itu kepada para siswa, Jumat (24/7/2020).

Hendi mengaku tak memberikan bantuan secara penuh untuk sekolah karena tidak ingin melampaui kewenangan Provinsi Jateng. Namun, karena Dinas Pendidikan Kota Semarang juga menyediakan anggaran beasiswa tidak mampu, Hendi kemudian memilih untuk membantu siswa secara perorangan.

Baca juga:  Pelaku Pembunuhan Siswi SMA di Hotel Bandungan Bekerja Serabutan, Kadang Jualan Cimol

Dirinya pun menyebut bahwa kondisi ini merupakan potret sesungguhnya dari Kota Semarang yang terdampak Covid-19. “Ada yang punya tabungan saat Covid, ada yang tidak punya tabungan. Jangankan untuk membayar sekolah anaknya, untuk makan pun susah,” ujar Hendi.

Oleh karena itu, selain terus menyalurkan bantuan sosial baik berupa sembako maupun Bantuan Sosial Tunai (BST), pihaknya juga turut memberikan bantuan berupa beasiswa.

Hendi pun berharap bahwa minimal standar untuk hidup terpenuhi, seperti ketersediaan sembako dan bahan pangan. Di luar itu, seperti bidang kesehatan, Pemerintah Kota Semarang masih memiliki program UHC secara gratis dan beasiswa tidak mampu oleh Dinas Pendidikan hingga jenjang perguruan tinggi.

Baca juga:  Lebih Tenang, Tanpa Polusi Udara 

Kepala SMA Ronggolawe Tri Dadi Purnomo mengungkapkan, kondisi sulit selama pandemi ini sangat berdampak pada SMA swasta. “Swasta ya begini ini, apalagi akhir-akhir ini kondisi Covid. Karena anak-anaknya tidak ada di sekolah, pemasukan juga sangat sulit sekali,” keluh Tri.

Karena itu, dirinya sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan Wali Kota Semarang kepada siswa-siswinya yang mengalami kesulitan ekonomi. (nor/aro/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya