alexametrics

Dapat Suntikan Rp 6 M untuk Protokol Kesehatan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SemarangKPU Kota Semarang mendapat suntikan dana dari APBN sebesar Rp 6 miliar. Tambahan dana tersebut untuk mencukupi kebutuhan penerapan protokol kesehatan saat Pilwalkot pada 9 Desember mendatang.

Ketua KPU Kota Semarang, Henry Cassandra Gultom, mengatakan, pihaknya mengajukan dana kepada Pemerintah Pusat sebesar Rp 24 miliar untuk penerapan protokol kesehatan.

“Dari rasionalisasi anggaran, kita mendapatkan hibah dari Pemkot Semarang sebesar Rp 8 miliar pada awal tahapan Pilwakot. Kemudian, turun dari APBN sebesar Rp 6 miliar,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Anggaran yang turun dari APBN ini, lanjut pria yang akrab disapa Nanda ini, difokuskan untuk penerapan protokol kesehatan. Misalnya pengadaan masker, APD, face shield, sarung tangan dan lainnya.”Kami tinggal menunggu apakah ada tambahan lagi atau tidak, karena informasi yang ada dana kemarin baru tahap satu. Dana ini hanya untuk protokol kesehatan,” jelasnya.

Baca juga:  Jadikan Komik Sarana Mendidik Anak

Sementara untuk tahapan Pilwakot, lanjut Nanda, anggaran yang ada saat ini sudah bisa terpenuhi. Termasuk adanya penambahan TPS yang menjadi 3.447 TPS. “Kita nggak minta tambahan dari APBD. Karena untuk tahapan anggaran yang ada sudah cukup” paparnya.

Belum lama ini, KPU Kota Semarang juga melakukan rapid test bagi petugas PPDP, anggota KPU sendiri dan PPA. Tujuannya agar meyakinkan masyarakat jika para petugas dalam keadaan sehat. “Rapid test kita ambil dari dana APBN, guna memberikan rasa aman kepada masyarakat bahwa penyelenggara Pilwakot ini sehat,” tegasnya.

Nanda menjelaskan, saat ini masih menunggu arahan dari Pemerintah Pusat terkait TPS untuk rumah sakit. Menurutnya KPU Pusat sedang menggodok formula yang tepat dan merujuk pada Undang-Undang yang berlaku.”Kita nggak boleh melanggar, yang jelas menunggu instruksi pusat,” pungkasnya. (den/zal/bas)

Baca juga:  Minta Cabut Gugatan, Baru Bahas Perdamaian

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya