alexametrics

Terbitkan Perwal, Minta Stakeholder Pasang CCTV

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Melalui peraturan wali kota (Perwal) Nomor 5 Tahun 2019, Pemerintah Kota Semarang mengajak stakeholder yang memiliki bangunan atau tempat-tempat berlokasi dekat dengan jalan umum untuk berkontribusi memasang CCTV.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Semarang Bambang Pramusinto mengungkapkan, hasil dari rekaman CCTV tersebut nantinya akan ditarik di common center. “CCTV yang nanti sudah terintegrasi bisa menjadi sebuah data baru yang dapat dimanfaatkan di dashboard Semarang Satu Data,” ungkapnya kepada Jawa Pos Radar Semarang Kamis, (2/7/2020).

Selain menggugah kesadaran bagi para stakeholder dan para pemilik bangunan besar, perwal juga diperuntukkan bagi para perangkat kecamatan, kelurahan, serta masyarakat umum. Supaya bisa mengingatkan para pemilik bangunan besar di daerah mereka untuk memasang CCTV. Dikatakan oleh Bambang, selain berguna untuk Semarang Satu Data, CCTV yang dipasang juga dapat bermanfaat untuk menyelesaikan permasalahan di suatu wilayah.

Baca juga:  Yayasan Pancaka Krematorium Bantu 10 Ton Beras

“Syukur-syukur jika CCTV mereka sudah dilengkapi analytics. Jadi pihak pemkot tinggal menarik ke common center. Tapi kalau tidak pun itu sudah merupakan sebuah kontribusi yang besar,” ujarnya.

Sementara itu, jika para pemilik bangunan atau stakeholder hanya memasang Internet Protocol (IP) kamera nantinya pemkot akan melakukan  survey. “Jika kemudian diketahui tempat tersebut merupakan daerah rawan banjir, rawan begal, atau rawan terjadi pembuangan sampah sembarangan maka akan ditambah analytics,” tandasnya.

Selain itu, pemkot nantinya juga akan melakukan sosialisasi perwal untuk para pemilik tower. Pemilik tower-tower kecil baik berupa tower listrik atau tower telepon nantinya akan dikumpulkan supaya mereka juga mau berkontribusi memasang CCTV. (nor/zal/bas)

Baca juga:  Terapkan E-Parkir, Dishub Optimistis Target Pendapatan Tercapai

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya