alexametrics

Buka Lagi, Kampung Jawi Fokus Wisata Kuliner

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Destinasi wisata Kampung Jawi Gunungpati Kota Semarang segera dibuka. Namun hanya fokus pada wisata kuliner, bukan wisata secara keseluruhan.

“Kami sudah berkoordinasi di tingkat kelurahan, kecamatan bahkan mengajukan izin kepada Dinas Pariwisata Kota Semarang,” kata Ketua Pokdarwis Kampung Jawi Gunungpati Siswanto kepada Jawa Pos Radar Semarang, Minggu (21/6/2020) kemarin.

Lebih lanjut, menyongsong era new normal penerapan protokol kesehatan juga disertakan. Antara lain, mencuci tangan dengan menyediakan 12 titik di area Kampung Jawi. Pedagang dan pengunjung wajib memakai masker dan diukur suhu tubuhnya dengan thermogun. Pedagang juga menggunakan face shield.

“Bagi pengunjung yang lupa membawa masker, kami sediakan masker. Meja juga siap diatur jaraknya. Hand sanitizer kami sediakan serta cairan disinfektan yang secara berkala selalu kita semprot,” imbuh Siswanto.

Baca juga:  Hadapi Persaingan, Telkom Implementasikan “Keris Digdaya”

Siswanto menambahkan, Kampung Jawi menjadi magnet bagi wisatawan untuk mengenai budaya Jawi. Nuansa tempo dulu terbangun ditemani dengan gubuk sebagai tempat pedagang menjajakan makanannya. Lampu teplok juga digunakan sebagai penerangan.

Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Indriyasari mengatakan besok (hari ini, red) destinasi wisata sudah bisa dibuka. Tentunya, harus sanggup memenuhi persyaratan sesuai protokol kesehatan. “Silakan ajukan surat ke Disbudpar, akan kami proses sesuai ketentuan,” papar Iin, sapaan akrabnya.

Disampaikan oleh Iin, bahwa kesiapan tempat wisata salah satunya ditunjukkan oleh Grand Maerokoco. Pihak Grand Maerokoco diketahui telah membangun wahana baru, memprioritaskan pembayaran non tunai, serta membuat jarak antrean. “Jadi memang banyak tempat wisata yang sudah siap. Namun begitu, kami akan tetap ketat mengawasi pengamanan protokol supaya nantinya usaha pariwisata ini tidak menjadi klaster baru,” terangnya. (avi/ida/bas)

Baca juga:  Pulang Dari Kroasia, Tiga Pemain Muda PSIS Dapat Segudang Pengalaman

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya