alexametrics

Mangkang Wetan Terparah, Ketinggian Rob Capai 30 Sentimeter

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang  – Wilayah Mangkang Wetan selama ini tak lepas dari banjir. Bencana tidak hanya datang saat musim hujan saja, beberapa hari terakhir juga dilanda rob. Utamanya di kawasan RW 6 dan RW 7.

Rob juga menggenangi Kelurahan Mangunharjo. Ketinggian air rob mencapai 30 sentimeter. Kondisi tersebut mengganggu aktivitas warga.

Menurut informasi, banjir rob pada awal Juni ini dikarenakan periode bulan purnama atau full moon. Akibatnya kondisi pasang cukup tinggi di wilayah pesisir pantai. Seperti Semarang. Diprediksi rob masih akan terjadi.

“Ini air rob terparah. Ketinggian air sampai 30 sentimeter lebih. Padahal sebelumnya tidak pernah terjadi,” kata Muhtazam, warga RW 5 Kelurahan Mangkang Wetan.

Baca juga:  Lebihi Target, SHP Semarang Tengah Syukuran

Air laut, lanjut dia, datang dan menggenangi sejumlah rumah mulai pukul 15.00 sampai malam hari. Selain itu diperparah dengan perbedaan ketinggian antara rumah dan jalan membuat rob sulit untuk surut. “Selokan juga mampet, air nggak bisa keluar. Kalau nekat melintas motor pasti mogok,” ujarnya.

Zubaedi, warga lainnya mengaku, sedimentasi Sungai Beringin yang parah membuat air rob sulit surut. “Sedimentasi sungai memperparah rob di wilayah kami,” keluhnya.

Selain rob, ia mengaku was-was dengan banjir yang masih sering melanda wilayah Mangkang Wetan. Apalagi Sungai Beringin terkadang tidak bisa menampung debit air hujan. “Ya sekarang kalau nggak rob ya banjir. Idealnya memang sungai Beringin harus dinormalisasi,” katanya. (den/zal/bas)

Baca juga:  Perawatan Kampung Miroto Paru-Parune Kutho Kurang Optimal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya