alexametrics

Stok Gula Pasir Aman untuk Tiga Bulan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Jelang Ramadan, stok gula pasir di Kota Semarang diprediksi aman. Meski demikian perlu tetap waspada mengingat Kota Semarang sangat bergantung pada daerah-daerah lain penghasil gula pasir.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Semarang Tri Supriyanto. Ia mengatakan, belakangan gula pasir ramai diisukan langka. Namun, pihaknya menemukan fakta sebaliknya.

“Tiap hari kami melakukan pengecekan ke distributor besar di Kota Semarang. Ketersediaannya relatif aman. Namun dalam situasi pandemi memang perlu tetap waspada. Hal tak terduga dapat terjadi,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang saat ditemui di kantornya, Rabu (15/4/2020).

Ia mengaku, harga gula pasir memang sedang naik. Meski tidak terlalu signifikan. Menurutnya, hal tersebut disebabkan beberapa hal yang berkaitan dengan permainan harga.”Beberapa waktu lalu sebelum pandemi, kami menghadiri undangan provinsi membahas soal itu. Katanya ada lima perusahaan besar pemenang lelang yang akhirnya mempengaruhi harga gula pasir. Kini hal itu sedang ditangani pihak berwajib,” bebernya.

Baca juga:  Mabuk, Dua Remaja Sikat Motor di Kos

Kepala Seksi Ketersediaan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kota Semarang Edi Waluyo menuturkan, pihaknya telah menyusun draf Prediksi Ketersediaan Bahan Pangan Menjelang Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HKBN) tahun 2020.

Draf tersebut memuat data ketersediaan dan kebutuhan pangan Kota Semarang untuk April hingga Juni tahun ini. Pada April, ketersediaan gula pasir diprediksi sebesar 1.239, 920 ton. Sedangkan kebutuhannya 1.127,200 ton. “Jadi, akan tersisa sebesar 112.720 ton. Tidak begitu banyak. Maka dari itu perlu tetap waspada. Apalagi ini baru prediksi,” ujarnya.

Data tersebut dihimpun dengan melakukan pengecekan ke distributor-distributor besar di Semarang. Tiap hari dilakukan input data. Laporan yang masuk pada Rabu (15/4/2020) ada sebesar 162,10 ton gula pasir.

Baca juga:  Keong Tewas Dikeroyok Lima Orang di Kamarnya

Ia menambahkan, dalam waktu dekat  impor gula pasir akan turun. Ia optimistis tiga bulan ke depan stok gula pasir aman.”Namun ini masih prediksi. Hal-hal tak terduga sewaktu-waktu dapat terjadi. Apalagi dalam situasi semacam ini,” pungkasnya. (nra/bas)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya