alexametrics

Cegah Korona, Kantor Radar Semarang Disemprot Disinfektan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Relawan Rumah Zakat melakukan penyemprotan disinfektan di kantor Jawa Pos Radar Semarang pada Kamis (26/03/2020). Hal ini bertujuan untuk menghilangkan virus dan bakteri di tengah wabah korona.

Tiga relawan mengenakan alat pelindung diri (APD) berwarna oranye yang terdiri dari masker, kacamata pelindung, jas, sepatu boot, helm, dan sarung tangan. Masing-masing menggendong tangki berisi 16 liter desinfektan jenis clorin. Empat relawan lain bersama General Manager Jawa Pos Radar Semarang Iskandar ikut mendampingi.

Ruang redaksi menjadi bagian pertama yang disemprot. Mulai dari bagian yang sering disentuh oleh tangan seperti komputer, meja, kursi. “Yang diutamakan adalah barang yang sering disentuh karena diindikasikan banyak kuman,” kata Koordinator Relawan Rumah Zakat Wiwik Ariyani.

Baca juga:  Tertibkan Kota Lama Semarang, Satpol PP Adu Mulut dengan Pedagang Barang Bekas

Tak hanya itu, semua pintu, tangga, kamar mandi dan musala juga disterilkan. Bahkan sampai ke langit-langit atap. Selanjutnya ke ruangan lantai dua yang selama ini sebagai ruang administrasi, ruang rapat dan sekitar kolam renang.

Setelah disemprot, sepuluh menit kemudian dua relawan yang mengenakan rompi kembali menyemprotkan cairan detol untuk menetralkan bau bahan kimia. Usai disemprot menggunakan wadah berisi 2,5 liter, semua yang basah dilap menggunakan kain kanebo.

Tak sampai di situ, untuk menghilangkan bakteri dan virus, relawan mengepel lantai yang basah menggunakan larutan detol. “Jadi ada tiga tahap untuk memaksimalkan hasil, penyemprotan secara umum kepada benda dan ruangan kemudian dilap dan dipel. Hal ini bisa juga dilakukan secara mandiri,” imbuhnya. (ifa/ton/bas)

Baca juga:  Sah, PPP Bersandar ke Eisti-Jos

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya