alexametrics

Kain Putih 55 Meter jadi Lambang Usia Unnes

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Suara gamelan mengiringi ratusan penari yang membawakan tari Krida Sang Garuda di Lapangan Prof Dirham, Universitas Negeri Semarang (Unnes), Kamis pagi (5/3/2020). Tarian ini menceritakan keanekaragaman suku, rasa dan agama, serta budaya di Indonsia yang bisa hidup rukun. Tak berselang lama, kain putih sepanjang 55 meter yang menjadi lambang usia kampus yang ada di Sekaran Gunungpati ini.

Itulah tarian yang melambangkan keragaman Indonesia yang telah memecahkan rekor Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia (Leprid). “Unnes fokus dalam budaya dan konservarinya. Tarian ini menyampaikan pesan moral kebangsaan, sehingga tidak hanya menghibur dalam pembukaan Dies Natalis Unnes ke-55,” kata Direktur Leprid Paulus Pangka, kemarin.

Baca juga:  Jalankan Wasiat Ibu, Irwan Santuni Lansia

Dalam catatannya, lanjut Paulus, Unnes telah menyabet 17 penghargaan dari Leprid di berbagai bidang. Mulai budaya, lingkungan, pendidikan dan teknologi. Kemarin, Leprid memberikan penghargaan kepada tiga tokoh perguruan tinggi itu.

Yakni Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum meraih piagam rekor sebagai pemakarsa seni pertunjukan, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Unnes Dr Achmad Rifai RC MPd selaku penyelenggara dan Drs Bintang Hamgoro P MHum sebagai sutradara seni.

“Unnes memiliki tradisi mengembangkan nilai konservasi dan karakter. Kali ini disimbolkan melalui kreativitas mahasiswa dalam bentuk tarian. Di dalam tarian ada pesan moral sebagai universitas yang menjaga nilai-nilai Pancasila,” kata Rektor Unnes Prof Fathur Rokhman.

Baca juga:  2.600 Pedagang Johar Siap Boyongan Bulan Ini

Rencananya, puncak Dies Natalis Unnes ke-55 akan diselenggarakan pada 30 Maret mendatang. Selain upacara, lanjut Prof Fathur, akan ada orasi ilmiah yang mendatangkan Ketua DPR RI Dr Puan Maharani dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Suhardi Alius. “Dies Natalis tahun ini jadi momentum Unnes untuk meningkatkan prestasi dan siap mengajukan sebagai kampus berbadan hukum PTN BH. Saya harap Unnes segera menyusul,” pungkasnya. (den/ida/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya