alexametrics

Antisipasi Korona, KAI Jalankan Kereta Kesehatan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai melakukan antisipasi penyebaran virus COVID-19 atau korona di area stasiun dan kereta api. Bantuk antisipasinya, diantaranya menjalankan kereta kesehatan (Rail Clinic) hingga menyediakan hand sanitizer dan membagian masker.

“Kami  juga menjalankan Rail Clinic dan kereta inpeksi mengelilingi Pulau Jawa adalah sebagai upaya KAI agar tidak terjadi penyebaran virus korona di area stasiun dan kereta api,” ungkap Direktur Utama KAI Edi Sukmoro.

Edi menambahkan, pihaknya juga melakukan pelayanan kepada masyarakat berupa pembagian penyuluhan kesehatan tentang virus korona, cara mencuci tangan, pemakaian masker dan etika bersin atau batuk.

“Kami juga menjaga kebersihan sarana kereta, KAI melakukan pencucian interior dan eksterior kereta setiap rutin sebelum melakukan perjalanan dengan menggunakan bahan kimia untuk sterilisasi. Serta menyiagakan petugas kebersihan, bantal yang digunakan penumpang selalu dalam kondisi baru,” imbuhnya.

Baca juga:  Hendi Dukung Eksistensi GP Ansor di Kota Semarang

KAI, lanjut Edi, menyedikan pos kesehatan di 89 stasiun  di Jawa dan Sumatera bagi penumpang yang ingin memeriksakan kesehatan. Jika penumpang merasa tidak fit dalam perjalanan agar segera melapor kepada petugas atau kondektur agar ditidaklajuti oleh petugas.

“Demi efektivitas pencegahannya, KAI mengajak kepada pengguna KA untuk menjaga kesehatan diri dan memakai masker jika sedang sakit,” ujarnya.

Layanan kesehatan diberikan di stasiun Semarang Poncol, Cirebon, Depok, dan Bogor. Adapun kereta inpeksi melayani stasiun Bandung, Tasikmalaya, Banjar, Kroya, Jogjakarta, Solo, Madiun, Mojokerto, Surabaya Gubeng, Bojonegoro, Purwokerto dan Pasar Senen. (dit/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya