alexametrics

KPU Ajak Ciptakan Pemilu Berintegritas

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG,– Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah Yulianto Sudrajat bersama sejumlah komisioner berkunjung ke kantor Jawa Pos Radar Semarang, Rabu (26/2) sore. Diterima langsung oleh Direktur Jawa Pos Radar Semarang Baehaqi di pool side kantor Jalan Veteran 55 Semarang. Ditemani teh hangat dan beberapa jenis makanan ringan, pertemuan sore kemarin membicarakan pilkada serentak 2020. Mulai dari kesiapan KPU 21 kabupaten/kota di Jateng hingga tahapan yang saat ini sedang berlangsung.

Yulianto Sudrajat mengatakan, pilkada serentak 2020 penyelenggaranya adalah KPU kabupaten/kota. Tugas KPU provinsi adalah melakukan supervisi, asistensi dan monitoring agar berjalan baik dan lancar.

Dalam pelaksanaannya, selain kepada KPU kabupaten/kota, menurutnya sinergi dengan media massa diperlukan. Terutama untuk menciptakan penyelenggaraan pemilu yang bersih dari berita hoaks, ujaran kebencian, dan SARA.

Baca juga:  Hendi Wujudkan Listrik Gratis lewat PLTA

”Kami berharap bersama media mainstream bisa melakukan edukasi kepada masyarakat,” ujar pria asal Sukoharjo yang datang bersama komisioner KPU Jateng Muslim Aisha, Paulus Widiyanto, Taufiqurrahman dan Diana Ariyanti, serta dua staf KPU Jateng.

Sinergitas ini, Yulianto menambahkan, diperlukan untuk menghadapi tantangan bersama. Yakni, terciptanya penyelenggaraan pilkada serentak 2020 yang berintegritas dan bermartabat. Tidak hanya penyelenggara, tapi juga peserta dan juga pemilih. ”Karena pilkada ini adalah milik kita semua. Mari sama-sama menyukseskan bersama,” ajaknya.

Melihat fenomena beberapa daerah dengan calon tunggal kuat, seperti di Kota Semarang, Direktur Jawa Pos Radar Semarang Baehaqi mengatakan bahwa yang menjadi tantangan saat ini bukanlah beredarnya berita hoaks untuk penggembosan. Melainkan bagaimana secara bersama-sama meningkatkan partisipasi masyarakat saat hari H pilkada. Membangkitkan gairah orang untuk datang dan menggunakan hak pilihnya.

Baca juga:  39 Warga Binaan Lapas Perempuan Gunakan Hak Pilih

”Beberapa daerah, menurut saya, justru tidak akan ada upaya penggembosan. Karena bagaimanapun tidak akan kuat. Jadi, tantangannya itu tadi, jangan sampai masyarakat justru tidak datang karena mengganggap sudah ada pemenangnya,” ujarnya saat menerima komisioner KPU didampingi General Manager Iskandar, Pimpinan Redaksi Arif Riyanto, Redaktur Pelaksana Ida Noorlayla, Redaktur Pratono dan Rizal A.K, serta manajer iklan Sugiyanto Wiyono.

”Pilkada sekarang ini, kalau saya melihatnya, pertarungannya justru sebelumnya, yakni saat berebut rekomendasi,” tambah pria yang juga Direktur Jawa Pos Radar Kudus sekaligus Wakil Direktur Jawa Pos Radar Grup ini ditanggapi dengan senyuman khasnya oleh Ketua KPU Jateng.

Dalam hal menggairahkan partisipasi masyarakat, ia katakan, itu sejalan dengan visi koran ini. Seperti, ia contohkan, koran ini telah menggerakkan partisipasi masyarakat Kota Semarang dalam pembangunan melalui gelaran lomba Kampung Hebat. ”Kami bekerja sama dengan Pemerintah Kota Semarang, untuk membangun Kota Semarang mulai dari tingkat kampung,” ujarnya menceritakan.

Baca juga:  Ibu-Ibu Kreatif, Olah Buah yang Melimpah Jadi Aneka Makanan dan Sirup

Termasuk dalam hal menjaga kondusivitas, ia tambahkan, itu juga menjadi visi koran dengan tagline Inspiratif dan Beda ini. ”Maka filosofi kami bukan bad news is good news, melainkan good news is good news. Berita bagus juga harus kami sampaikan,” katanya.

Senada, General Manager Jawa Pos Radar Semarang Iskandar mengatakan bahwa komitmen Jawa Pos Radar Semarang adalah mengawal proses demokrasi dengan sebaik-baiknya. Termasuk dalam rangka sosialisasi kepada masyarakat, sehingga pelaksanaan pemilu sesuai dengan harapan semua pihak. ”Kami terbuka dan siap mendukung sosialisasi kepada masyarakat,” ujarnya. (sga/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya