alexametrics

KONI Jateng Ajukan Tali Asih Rp 35 Miliar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG,– KONI Jawa Tengah mengajukan anggaran sebesar Rp 35 miliar kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah. Dana tersebut untuk pemberian tali asih bagi atlet berprestasi yang meraih medali pada PON Papua 2020 mendatang.

Wakil Ketua Umum III KONI Jateng Harry Nuryanto Soediro menuturkan, pihaknya berupaya mengajukan dana besar untuk pemberian tali asih tersebut. Ini berkaca pada pemberian tali asih bagi atlet peraih medali SEA Games 2019, jumlahnya lebih banyak dari perkiraan. Anggaran yang dipersiapakan tidak sesuai dengan perencanaan.

“Yang kemarin tidak sesuai dengan perkiraan. Kami mengira hanya ada lima sampai 10 atlet yang mendapat medali. Kenyataannya bisa mencapai 32 atlet,” ujarnya.

Baca juga:  Tangis Haru Warnai ‘Ritual’ Basuh Kaki Ibu

Pihaknya telah mengajukan anggaran tali asih atlet SEA Games pada tahun 2019. Namun tidak dapat lagi mengubah hal tersebut. Akhirnya, anggaran Rp 1,6 miliar harus dibagi untuk 32 atlet dan enam pelatih peraih medali. Makanya, untuk mengantispasi kejadian tersebut agar tak terulang, pihaknya mengajukan anggaran besar untuk tali asih atlet PON Jateng.

“Kami sudah usul ke gubernur saat audiensi beberapa waktu lalu agar bisa kembali mendapat anggaran tali asih bagi atlet Jateng yang ikut PON,” lanjutnya saat penyerahan langsung tali asih KONI Jateng kepada atlet Jateng peraih medali pada SEA Games Filipina di kantor KONI Jateng, Rabu (26/2) kemarin.

Ketua KONI Jateng Soebroto menuturkan, tali asih merupakan bentuk penghargaan pemerintah atas prestasi para atlet. Ini menunjukkan, pembinaan atlet di Jawa Tengah sudah berjalan baik. “Tali asih akan mempererat kecintaan atlet kepada Jawa Tengah,” katanya.

Baca juga:  Masuk Pasar Ekspor, Butuh Sumur dan Irigasi

Sementara itu, nilai tali asih untuk 32 atlet dan enam pelatih peraih medali pada SEA Games 2019 lalu, masing-masing peraih medali emas perorangan sebesar Rp 75 juta, ganda sebesar Rp 60 juta dan beregu Rp 50 juta. Untuk medali perak perorangan sebesar Rp 50 juta dan beregu Rp 25 juta. Medali perunggu perseorangan memperoleh Rp 25 juta, ganda Rp 20 juta dan beregu Rp 15 juta. Sedangkan untuk pelatih peraih medali emas sebesar Rp 30 juta, perak Rp 25 juta dan perunggu Rp 20 juta. Tali asih tersebut akan diberikan melalui transaksi elektronik langsung ke rekening sang atlet. (akm/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya