alexametrics

Tetap Fokus Peningkatan Jumlah Kredit

Kontribusi Bank Pasar terhadap PAD Pemkot Semarang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, – Kredit merupakan ujung tombak bisnis perbankan. Sebagaimana yang dijalankan Perumda Bank Pasar (Bapas) Kota Semarang. Berikut ini adalah hasil bincang-bincang wartawan Jawa Pos Radar Semarang Eko Wahyu Budiyanto dengan Direktur Umum (Dirut) Perumda Bank Pasar Agus Puji.

Apa yang akan dilakukan Perumda Bank Pasar Kota Semarang pada tahun 2020 ini?

Target kami bisa memenuhi target pendapatan asli daerah (PAD) yang diberikan kepada kami oleh Pemkot Semarang. Ini karena Bank Pasar merupakan perumda perbankan milik Pemkot Semarang.

Sejauh ini, kami fokus peningkatan jumlah kredit. Karena itulah, kami melebarkan sayap dengan pembukaan kantor kas di setiap pasar tradisional di Kota Semarang. Melalui kantor kas di pasar, bisa lebih dekat dengan para pedagang pasar dan melakukan

Baca juga:  Yakinkan Warga, Pastikan KK Putih Legal Dispendukcapil Terkendala Pengadaan Blanko

sosialisasi maupun penawaran tentang produk-produk Bapas.
Berapa realisasi PAD pada 2019?

Alhamdulillah, target kami Rp 1,5 miliar dan berhasil melampaui target dengan pendapatan yaitu Rp 2,4 miliar. Pada 2020 ini, kami yakin akan ditarget lebih dari Rp 2 miliar.

Adakah program kredit khusus untuk usaha mikro di Kota Semarang? Seperti apa?

Ada, yaitu melalui kredit Wibawa, tanpa jaminan dan bunga yang cukup murah. Ini merupakan program Pemkot Semarang. Bahkan, jika selama ini dalam penyaluran kredit hanya menunggu pengajuan dari Dinas Koperasi dan UMKM, sekarang kami yang lebih berpartisipasi aktif. Ke depan kami akan jemput bola dengan melakukan pendekatan ke UMKM di Kota Semarang. Seperti diketahui, program Kredit Wibawa yang tanpa jaminan plafon pinjaman maksimal Rp 5 juta. Angka maksimal dengan jaminan bisa sampai Rp 50 juta.

Baca juga:  Kirab Cheng Ho Digelar Akhir Pekan

Sejauh ini, bagaimana penyaluran Kredit Wibawa di Kota Semarang?

Sampai sekarang penyalurannya di Bank Pasar baru Rp 10 miliar. Tapi Kredit Wibawa tidak hanya di Bank Pasar, tapi di bank lain juga. Kami optimistis bisa mensukseskan program pemerintah ini.

Bagaimana antusiasme masyarakat terkait Kredit Wibawa ini?

Respon masyarakat baik sekali. Bahkan dewan memberikan support dengan memperkenalkan kepada Balai Latihan Kerja (BLK) di Semarang. Harapannya, mereka setelah keluar dari pelatihan akan membuka usaha dan butuh permodalan. Kami akan hadir disitu dan akan support dalam kondisi apapun. Selain itu, kami ingin dikenal sebagai bank yang peduli UMKM. (*/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya