alexametrics

Tebak Nama Camat Genuk, dapat Rp 500 Ribu

Roadshow Kampung Hebat di Bangetayu Wetan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG,–Roadshow lomba Kampung Hebat putaran keempat digelar di Lapangan Bangetayu, Kelurahan Bangetayu Wetan, Kecamatan Genuk, Minggu (23/2). Sedikitnya 5.000 warga tumplek blek di acara yang digelar Jawa Pos Radar Semarang bekerja sama dengan Pemkot Semarang tersebut. Hadir juga Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu dan Sekda Iswar Aminuddin.

Selain itu, hampir semua Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Semarang hadir. Di antaranya, Kepala Disperkim Ali, Kepala Dinas Pertanian Hernowo Budi Luhur, Kepala Dinas Sosial Muntohar, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Endang Sarwiningsih Setyawulan, Kepala Dinas Perdagangan Pravarta Sadman, Kepala Dinas Perhubungan Endro P Martanto, Kepala Dinas Kesehatan Abdul Hakam, Kepala Dinas Perikanan Nur Kholis, Kepala Dinas Tenaga Kerja Sutrisno, Kepala Dinas Pendidikan Gunawan Saptogiri, Kepala Satpol PP Fajar Purwoto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sapto Adi Sugihartono, dan Kepala Humas dan Protokol Wing Wiyarso.

Kepala OPD lainnya yang terlihat di lokasi kegiatan, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Bambang Pramusinto, Kepala BPBD A Rudianto, Inspektur Kota Semarang Rudiana, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kartika H Aji, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Bambang Suronggono, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Suhindoyo, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tri Supriyanto, hadir Plt Sekwan Tri Wibowo, dan Asisten Ekonomi Pembangunan Widoyono. Tampak hadir Anggota DPRD Kota Semarang Rahmulyo Adi Wibowo, Camat Genuk Ali Muhtar dan semua lurah di Kecamatan Genuk, termasuk tuan rumah, Lurah Bangetayu Wetan Sugiarti.

Direktur Jawa Pos Radar Semarang Baehaqi mengatakan, kehadiran para pemimpin dan petinggi Kota Semarang di hadapan lima ribu warganya pagi kemarin merupakan bukti kepedulian mereka. Sebaliknya, berkumpulnya lima ribu warga dalam acara ini merupakan bukti kecintaan pada pemimpinnya. Pagi kemarin menjadi saksi bersatunya masyarakat dengan pemimpin.

Baca juga:  Josss..Dari Bandara Akan Dibangun Flyover ke Arteri Yos Sudarso

“Bapak-ibu warga Bangetayu Wetan dan Kecamatan Genuk, pagi ini Pak Wali Kota hadir, Bu Wakil Wali Kota hadir, Pak Sekda hadir, serta hampir semua Kepala OPD Pemkot Semarang hadir. Ini membuktikan kedekatan antara pemimpin dengan rakyatnya. Juga kecintaan rakyat dengan pemimpinnya. Semarang hebat, Semarang hebat,” teriak Baehaqi menyemangati warga.

Ya, sejak pukul 05.30, warga sudah berdatangan di lapangan tak jauh dari flyover Alastua tersebut. Wali kota dan wawali hadir sekitar pukul 06.00. Mereka langsung memimpin jalan sehat keliling kampung. Setelah itu, digelar senam masal. Meski lapangan sedikit becek, tak mengurangi semangat warga untuk senam, mengikuti gerakan instruktur cantik di atas panggung. Iringan lagu dangdut yang lagi naik daun seperti Kartonyono Medhot Janji, Banyu Langit, dan Pamer Bojo membuat warga semakin semangat melakukan gerakan senam.

Setelah puas mengikuti senam, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi memberikan game-game berhadiah uang tunai. Salah satu pertanyaannya, siapa nama Camat Genuk? Winarti, warga Muktiharjo Lor ternyata tidak tahu. “Lho sama camatnya sendiri kok tidak tahu?”ucap wali kota yang akrab disapa Hendi itu lantas meminta Winarti bertanya kepada Camat Genuk yang berdiri di paling ujung. Lucunya, Winarti justru bertanya kepada Sekda Iswar Aminuddin. “Lho bukan itu. Itu Pak Sekda. Yang pojok itu.” Akhirnya, Winarti pun mengetahui nama Camat Genuk, yakni Ali Muhtar.

Baca juga:  Pengunjung Mal Masih Bergerombol

“Ibu baru dapat hadiah separo. Pengin separo lagi? Jawab pertanyaan kedua, siapa nama istri Pak Camat Genuk?” kata Hendi yang disambut gelak tawa. Winarti pun langsung menjawab: “Ya, Bu Ali Muhtar Pak,” katanya sambil terbahak. “Yo wis benar. Ini hadiah Rp 500 ribu.” Winarti sendiri tidak langsung turun dari panggung. Tapi, masih minta foto selfie. “Waduh, sudah permintaannya tadi lima, sekarang tambah satu lagi jadi enam,” celetuk Hendi sambil melayani swafoto bersama Wawali Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Dalam kesempatan itu, Hendi menyampaikan terima kasih digelarnya lomba Kampung Hebat. Selain itu, dirinya mengapresiasi warga Genuk yang antusias hadir dalam kegiatan roadshow kemarin. “Menarik sekali acara pagi ini. Saya berterimakasih kepada Jawa Pos Radar Semarang karena sedulur-sedulur dan warga saya di Kecamatan Genuk diberi acara seperti ini. Sekali lagi saya sampaikan bahwa Jawa Pos Radar Semarang adalah sahabat kita semua. Sahabat warga Semarang,” kata Hendi.

Dikatakan, momen seperti Roadshow Lomba Kampung Hebat harus ditingkatkan. Terutama dalam konteks semangat kompetisi Kampung Hebat. Menurutnya, Kampung Hebat harus menjadi alat gerak memajukan Kota Semarang. “Sebagai motivasi, kampung yang keluar sebagai juara akan saya beri bonus satu proyek yang pasti akan saya ACC. Silakan nanti tunjuk saja lokasinya,”ujarnya.

Setelah game-game, Hendi pamit karena akan menghadiri acara pernikahan putri Kepala Bappeda Kota Semarang Bunyamin. Selanjutnya, Wawali Mbak Ita menyaksikan Deklarasi Semarang Wegah Nyampah yang dilakukan seluruh lurah di Kecamatan Genuk. Isi deklarasi itu di antaranya imbauan kepada warga dan pengusaha untuk bersama-sama mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, mengurangi penggunaan sedotan sekali pakai, serta styrofoam, baik di toko maupun di tempat usaha, serta yang terpenting adalah wajib mematuhi Peraturan Wali Kota Nomor 79 Tahun 2019 tentang larangan penggunaan plastik sekali pakai. Deklarasi itu juga diikuti seluruh warga yang hadir. Dalam kesempatan itu juga diserahkan bantuan tong sampah dari Coca Cola.

Baca juga:  Relokasi Tunggu Kajian Akademis

Sekda Kota Semarang Iswar Aminuddin mengimbau warga tidak membuang sampah plastik sembarangan, terutama di sungai. “Ini penting karena ada beberapa dampak dari sampah, termasuk di sungai. Ketika banjir, sampah terbawa ke sungai dan masuk ke pompa. Pompa yang seharusnya berjalan maksimal akhirnya jadi rusak. Ini yang jangan sampai terjadi,”jelasnya.

Dalam roadshow yang didukung BNI, Bank Jateng, Dewangga Lil Hajj Wal Umrah, Sidomuncul, CARfix, JNE, RS Columbia Asia, Global Elektronik, Alfamart, Telkom, Sirup Fres, Yamaha, dan Coca Cola itu juga dimeriahkan stan UMKM dan sponsor. Di antaranya, stan Yamaha, Sirup Fres, Nasmoco, CARfix, dan lainnya. Acara diakhiri dengan pembagian doorprize dan hiburan musik dangdut. Jajaran direksi dan karyawan Jawa Pos Radar Semarang sempat tampil di atas panggung. Mereka joget ambyar lagu Kalung Emas dan Balungan Kere.

Saat undian doorprize, hadiah sepeda gunung diraih Atalia, 15, warga Sembungharjo; hadiah LED TV diraih Rusmanto, warga Gangin Timur, dan lemari es dibawa pulang Munawir, warga Sembungharjo “Alhamdulillah senang dapat televisi. Apalagi televisi di rumah sudah rusak, rezeki saya dapat televisi baru,” kata Rusmanto dengah wajah berbinar.(avi/nra/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya