alexametrics

Koalisi dengan PDIP di Empat Daerah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Peta politik dalam Pilkada serentak di Jawa Tengah mulai terlihat. Setelah PDI Perjuangan mengeluarkan 12 rekomendasi yang bakal diusung, sekarang giliran Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). PKB memang baru mengeluarkan empat rekomendasi yang akan diusung dalam Pilkada serentak. Empat nama yang mendapatkan rekomendasi tersebut sama persis dengan yang sudah dikeluarkan PDI Perjuangan.

Rekomendasi yang keluar yakni untuk Kabupaten Semarang, Blora, Sragen serta  Grobogan. Nama yang diusung tersebut ada yang kader asli hingga tokoh luar partai yang dinilai mumpuni. “Dari 21 daerah di Jateng, sejauh ini DPP baru memunculkan rekomendasi di 4 daerah. Untuk yang lain, nanti akan diumumkan lagi di gelombang kedua,” kata Ketua DPW PKB Jawa Tengah KH M Yusuf Chudlori.

Baca juga:  Pemkab Gelontor Rp 56 M

Ia menambahkan, rekomendasi yang dikleuarkan sama persis dengan yang mendapat rekomendasi dari DPP PDIP. Ini membuktikan PKB sudah benar-benar siap berkoalisi dengan PDI Perjuangan di empat daerah tersebut. “Ya, kami bergabung dengan PDIP di 4 daerah,” ujarnya.

Untuk Kabupaten Semarang, PKB memberikan rekomendasi kepada Ketua DPC PKB Kabupaten Semarang, M Basari menjadi calon wakil bupati. Basari akan mendampingi calon bupati yang diusung PDI Perjuangan Ngesti Nugraha. Nama keduanya juga diumumkan saat pemberian rekomendasi di DPP PDI Perjuangan di Jakarta. Di Blora rekomendasi diberikan kepada Arief Rohman dan Tri Yuli Setyowati. “Arief Rohman sendiri saat ini tercatat sebagai wakil bupati Blora. Sebelumnya, Arief adalah anggota DPRD Jateng dari PKB,” tuturnya.

Baca juga:  PKB Salurkan Bantuan Tabung Oksigen untuk RSI NU Demak

Untuk Kabupaten Sragen, rekomendasi juga sama dengan PDI Perjuangan, yakni Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan Suroto. Suroto merupakan politikus PKB  dam masih tercatat sebagai anggota DPRD Sragen. “Untuk Grobogan, kita juga sama seperti yang diusung PDIP,” akunya. Di Grobogan rekomendasi jatuh pada Sri Sumarni dan Bambang Pujiyanto.

PKB juga masih melakukan komunikasi politik dengan parpol lain. Gus Yusuf menyontohkan, masih ada sejumlah kader PKB yang saat ini merupakan petahana, seperti Bupati Pekalongan Asip Kholbihi atau Wali Kota Pekalongan M Saelany Mahfudz,. Sementara di Kendal, PKB yang bisa mengusung calon sendiri masih dimatangkan. “Ini masih terus digodok dan secepatnya akan ada rekomendasi yang diturunkan. Masih ada beberapa kader potensial yang akan kami usung di 17 daerah yang akan menggelar Pilkada,” tambah Gus Yusuf. (fth/ton)

Baca juga:  Hari H Pencoblosan, Cawalkot Nur Aziz Jalani Puasa Sunnah

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya